Evaluasi Program Indonesia Pintar di Madrasah Kota Balikpapan

  • Muhammad Khairul Rijal IAIN Samarinda
  • Fathurrahman Fathurrahman IAIN Samarinda
  • Syatria Adymas Pranajaya IAIN Samarinda
Keywords: Evaluasi Program, Kartu Indonesia Pintar, Madrasah

Abstract

Implementasi kebijakan Program Indonesia Pintar di Madrasah melibatkan banyak elemen yang belum tentu semuanya berpartisipatif dengan baik. Oleh karena itu penelitian ini berusaha membantu pemerintah untuk mengevaluasi program Indonesia Pintar di Madrasah dengan model evaluasi CIPP yaitu evaluasi konteks , input, proses, dan produk yang dipopulerkan oleh Stufflebeam. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi dunia akademik mengenai pemahaman tentang salah satu program pemerintah di bidang pendidikan yaitu Program Indonesia Pintar di Madrasah serta memberikan gambaran implementasi Program Indonesia Pintar di Madrasah Kota Balikpapan untuk menjadi evaluasi bagi pihak terkait. Selain itu penelitian ini bermaksud memberikan umpan balik bagi stakeholders tentang dampak implementasi program Indonesia Pintar serta sebagai dasar perencanaan program selanjutnya. Beberapa temuan di lapangan menunjukkan terjadinya ketidak tepatan sasaran penerima bantuan, serta penggunaan dana bantuan yang tidak tepat. Selain itu dana Program bantuan juga perlu ditingkatkan untuk memenuhi kuota siswa miskin, begitu juga dengan kurangnya sosialisasi tentang Program Indonesia Pintar di Madrasah.

References

Abdul Wahab, Solichin Analisis Kebijakan : Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi aksara, 2014.

Agus Purwanto , Erwan dan Dyah ratih Sulistyastuti. implementasi kebijakan publik konsep dan aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta : Gava Media, 2015.

Ali, Mohammad dan Muhammad Asrori. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Anderson, James E. Public Policy Making. Second Edition. New York: Praeger Publishers, 1978.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara,2012.

_____________. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.

Arikunto Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Batinggi ,A. dan Badu Ahmad . Manajemen Pelayanan publik . Yogyakarta :Andi Offset, 2013.

B. Milles , Matthew dan Michael Huberman. “ Qualitative Data Analysis.” Terj., Tjetjep Rohendi Rohidi, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press,1992.

B Yarbrough, Donald Joint Committee on Standards for Educational Evaluation: The Program Standards: A Guide for Evaluators and Evaluation Users. California: Sage Publication, 2010.

Departemen Pendidikan Nasional, Rencana Strategis (Renstra) 2005-2025.

D Gall, Meredith Joyce Gall, dan Walter R. Borg, Educational Research: An Introduction. New York: Pearson Education, 2007.

Direktorat Jenderal pendidikan Islam Kementerian Agama , Petunjuk Teknis Program Indonesia Pintar (PIP), 2016.

Easten, David. The Political System. New York : Alfred A.Knopf, 1985.

E Edward, George and Ira Sharkansky, The Policy Predicament .San Fransisco: W.H. Freeman, 1978.

Furchan , Arief. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Gerston, L.N. Public Policy Making In A Democratic Society : A Guide To Civil Enggagement. New York : M.E. Sharp Inc, 1992.

Gregory J. Cizek,ed, Handbook of Educational Policy. San Diego:Academic Press, 2001.

Harold. D Lasswell, and Abraham Kaplan, Power and Society, Yale University Press, 1970.

Howlett, Michael and M. Ramesh, Studying Public Policy : Policy Cicles and Policy Subsystem , New York : Oxford University Press, 1995.

Indiahono, Dwiyanto Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analisys. Yogyakarta: Gava Media, 2009.

J Friedrich , Carl. Man and His Government . New York: McGraw Hill, 1963.

J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Jogiyanto. Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Jones, Charles O. An Introduction to The Study of Public Policy, Third Edition, Monterey Cole Publishing Company, 1984.

Joint Committee. Standards for Evaluation of Educational Programs , Projects and Materials, 1991.

Madaus, Scriven, dan Stufflebeam. Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing, 1983.

M.Chan, Sam dan Tuti T.Sam. Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.

M Owen, John Program Evaluation: Forms and Appoaches. Crows Nest: Allen & Unwin, 2006.

Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi, 2013.

Munadi , Muhammad dan Barnawi. Kebijakan Publik Di Bidang Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Nakamura, R.T and F. Smallwood. The Politics of Policy Implementation. New York : St. Martin’s Press, 1980.

N Dunn, William. Public Policy Analysis : An Introduction, Second Edition. New Jersey: 1994.

Nugroho, Riant. Public Policy. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo – Kelompok Gramedia, 2009.

_______. Kebijakan Pendidikan Yang Unggul .Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Parker, RS. Policy and Administration in Australia: A reade. Sydney : John Wiley and Sons, 1975.

Putro Widoyoko, Eko. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama, 2004.

R David Fred. Manajemen Strategik, Ed ke -10. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Robinson, Pearce. Manajemen Stratejik Formulasi, Implementasi dan Pengendalian Jilid 1. Jakarta : Binarupa Aksara, 1997.

Rusli, Budiman. kebijakan publik (membangun pelayanan publik yang responsif). Bandung : Hakim Publishing, 2013.

Syaodih Sukmadinata, Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya,2015.

Sallis , Edward. Total Quality Management In Education. Terj., Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi , Manajemen Mutu Pendidikan, Cet. XVI . Jogjakarta : IRCiSoD, 2012.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,2014.

Sukardi . Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara,2014.
______. Evaluasi Pendidikan : Prinsip dan Oprasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara,2011.
Tayibnapis, Farida Yusuf. Evaluasi Program, Jakarta,: Rineka Cipta, 2000.

Tilaar, H.A.R dan Riant Nugroho. Kebijakan Pendidikan : Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan Dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Umar, Yusuf . Manajemen pendidikan Madrasah Bermutu. Bandung: Rafika Aditama, 2016.

W.Creswell, John. “ Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches, Third Edision”, Terj.Ahmad lintang Lazuardi, Penelitiaan Kualitatif & Desain Riset: Memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2015.

Wirawan. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.

Zainal Abidin, Said. Kebijakan publik ,edisi revisi cetakan ketiga. Jakarta: Suara Bebas, 2006.

Abdul Hadi, “ Konsep Analisis SWOT Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Madrasah” , dalam Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, edisi no. 1, Vol. XIV, 2013.

Ashiong P. Munthe, “ Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan” , dalam Jurnal Scholaria, edisi no. 2, Vol. V, 2015.

Bernadain D. Polii, “Evaluasi Program Implementasi Manajemen Mutu Pada Politeknik Negeri Manado”, dalam Jurnal Pedagogia edisi no.2, Vol. VII, 2015.

Gunadi H.Sulistyo, “ Evaluasi program Dalam Pendidikan : Sebuah Kajian Sejarah” , dalam Jurnal Kependidikan edisi no.2, Vol IV, 2005.

Hawignyo, Evaluasi Program Beasiswa Unggulan Pada Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan :Evaluation Of Scholarship Program The Ministry Of Education And Culture, Jurnal Derivatif, edisi no. 2, Vol. IX , 2015.

Ihwan Mahmudi,” CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan”, dalam Jurnal At-Ta’dib edisi no.1, Vol VI, 2011.

Jeane Marie Tulung, “Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di Balai Diklat Keagamaan Manado”, dalam Jurnal Acta Diurna edisi. no.3, Vol.III, 2014.

Departemen Agama “Visi, Misi, dan Strategi Pembinaan Madrasah”, Jakarta: Departemen Agama Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam dalam Jurnal MP3A , 2004.

Marni Serepinah, “ Kebermaknaan Evaluasi Program Pendidikan “ , dalam Jurnal Pendidikan Penabur edisi no. 20, Vol. XII, 2013.
Roswati, Evaluasi Program/Proyek (Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Format Usulan), Jurnal Pendidikan Penabur-No.11/Tahun ke-7/Desember 2008.

Sutapa ,Mada. “Kebijakan pendidikan dalam Perspektif Kebijakan Publik”. dalam Jurnal Manajemen Pendidikan edisi no.2, Vol. IV, 2008.

Metalia Ulfah, Puji Astuti, Fitriyah , “ Evaluasi Pelaksanaan Program Beasiswa Miskin di SMK Assodiqiyah Semarang “, UNDIP, 2012.

Wahyu Haryadi, “Evaluasi Program Pendidikan Sekolah Dasar Kelas layanan Khusus di Kota Surabaya”, Tesis, UI tahun 2011.

Zainal Arifin, “Evaluasi Program: Model-Model Evaluasi” , Makalah, UPI tahun 2010

Kemendikbud. Program Indonesia Pintar: Karena Pendidikan adalah hak setiap anak bangsa. Jendela Pendidikan dan Kebudayaan, IV Agustus 2016.

BPS Kota Balikpapan , Indeks Pembangunan Manusia Kota Balikpapan Tahun 2016.

Kemenag . Program Indonesia Pintar http://indonesiapintar.kemenag.go.id/statistik.php.

Mudjia Rahardjo, Triangulasi Dalam Penelitian Kualitatif, http:// mudjiarahardjo.com/artikel/270.html?task=view.

TNP2K, Program Indonesia Pintar Melalui Pemberian KIP, http://www.tnp2k.go.id/id/tanya-jawab/klaster-i/program-indonesia-pintar-melalui-kartuindonesia-pintar-kip/.
Published
2018-11-01