Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Keywords: Pembelajaran Tematik, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran tematik berbasis Macromedia Flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah, 2) mengetahui efektifitas dan kemenarikan media pembelajaran, 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Penelitian pengembangan  ini mengadopsi  model desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran tematik Berbasis Macromedia Flash pada tema “Indahnya Kebersamaan” subtema “Keberagaman Budaya Bangsaku” di Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan memiliki tingkat efektivitas dan kemenarikan yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji coba berada pada kategori baik menurut skala 5. Adapun hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: (1) Validasi ahli materi 94,00%, (2) Validasi ahli media pembelajaran 87,00%, (3) Validasi guru wali kelas IV 92,00%, (4) Uji coba perorangan 78,78%, (5) Uji coba kelompok kecil 84,54%, (6) Uji coba lapangan 85,78%. Nilai hasil belajar siswa yang dilihat dari peningkatan hasil pre-test dan post-test dengan nilai rata-rata siswa sebesar 55,13 dan nilai rata-rata pada tahap post-tets sebesar 91,71. Nilai rata-rata siswa mengalami kenaikan sebesar 36,58.

Author Biography

Muhammad Syabrina, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

References

Ahmad, Rohani. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Andi Prastowo. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. II. Jakarta: Kencana, 2016.

Anglada D. An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model, 2007.

Ariesto Hadi Sutopo. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Arikunto. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Diputra, Komang Sujendra. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5, no. 2 (2016): 125–133.

Esa Nur Wahyuni, Baharuddin. Teori belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Gianto. Upaya Kepala Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 1 No. 1 (2018): 15-36.

Hartawan, I. Gusti Nyoman Yudi, I. Gusti Putu Sudiarta, dan Djoko Waluyo. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Berbasis White Board Animation Video.” Widya Laksana 7, no. 1 (2018): 9–17.

Khrisnamurti, Dimas Ayu. “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 6 Samarinda.” Tarbiyah Wa Ta’lim 6, no. 3 (2019): 63–71.

M. Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.

Rofiq, Muhammad Ainur, Muchammad Eka Mahmud, dan Imroh Atul Musfiroh. “Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas V MI At Tarbiyah Loa Janan.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 6, no. 2 (2019): 109–129.

Script, Island. Panduan Mudah Membuat Animasi (Plus CD). Jakarta: Media Kita, 2008.

Sholeh, Muhammad. “Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 138–150.

Sulistyowati. “Menanamkan Karakter Religius Siswa Melalui Buku Ajar Tematik Terintegrasi PAI dan Budi Pekerti.” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 10, no. 1 (2017): 20–34.

Sutopo, Ariesto Hadi. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Syabrina, Muhammad. “Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Melalui Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Karakter.” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 10, no. 1 (2017): 09–19.

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Utami, Sri. “Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Pendekatan Tematik Dalam Upaya Pembinaan Sikap Cinta Tanah Air: Di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat.” PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Yudhi Munadi. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.

Yuliawati, Fitri. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs3 Professional Dalam Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains Di SD/MI Kelas 5.” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3, no. 3 (2017).
Published
2020-03-01