Strategi Berbasis Motivasi dalam Pengajaran Tahfidzul Quran di SMP IT Imam Syafi'i Samarinda

  • Alimuddin Camma IAIN Samarinda
  • Arnani Arnani IAIN Samarinda
  • Ramdana Ramdana IAIN Samarinda
  • Suratman Suratman IAIN Samarinda
Keywords: strategi, motivasi, tahfidz qur’an

Abstract

Program menghafal al-qur’an SMP IT Imam Syafi’i Samarinda yang sudah empat tahun berjalan membawa semangat tersendiri bagi sekolah dalam upaya mencetak generasi yang qur’ani. Salah satu usaha yang dilakukan oleh yayasan, sekolah dan pembimbing ialah dengan melakukan strategi dalam pengajaran menghafal atau tahfidz qur’an. Memotivasi murid atau calon penghafal dalam upaya untuk menghafal al-qur’an adalah merupakan satu dari banyaknya strategi pembelajaran yang digunakan oleh pembimbing yang melibatkan motivasi dari yayasan, sekolah dan tentunya orang tua peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field work research) yang bertujuan untuk mengetahui strategi berbasis motivasi di SMP IT Imam Syafi’I Samarinda dalam memberikan semangat kepada peserta didik dalam menghafal al-qur’an. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, waka kurikulum dan beberapa guru. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis miles dan huberman dengan reduksi data, penyusunan data dan penarikan kesimpulan. Temuan penulis dalam penelitian ini yaitu : Pertama, motivasi yang diberikan kepada peserta didik meliputi motivasi material dan non- material, motivasi material yang diberikan ialah berupa penghargaan dari sekolah berupa beasiswa dan hadiah, adapun motivasi non- material berupa pujian, dorongan semangat dan muhasabah diri pada peserta didik. Kedua, adanya semangat peserta didik dalam menghafal al-qur’an yang didukung oleh yayasan, sekolah, guru serta orang tua menambah motivasi peserta didik dan mereka juga mampu mengikuti kegiatan pembelajaran baik itu formal dan non- formal dengan sangat baik.

References

Ardhana, Wayan, Pokok- Pokok Jiwa Umum, Surabya : Usaha Nasional, 1985.

Awang, Imanuel Sairo, Strategi Pembelajaran Tinjaun Umum Bagi Pendidik. 1st ed. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa, 2017.

Crow, L, and A Crow, Psychology Pendidikan, Yogyakarta: Nurcahaya, 1989.

Haidir, and Salim, Strategi Pembelajaran Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif, 4th ed, Medan: Perdana Publishing, 2014.

Kember, David, Understanding The Nature of Motivation and Motivating Students Throught Teaching and Learning in Higher Education, Singapore: Springer, 2016.

Kementerian. Quran Kemenag in Word - Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Maslow, Abraham. H, Motivasi dan Kepribadian, Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo, 1993.

Muqoyyadi, Imam, Ari Anshori, and Sabar Narimo, “Implementasi Perpaduan Kurikulum Tahfidzul Qur’an Dan Kurikulum Formal Pada Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Ibnu Abbas Klaten Jawa Tengah Tahun 2018.” Profetika Jurnal Studi Islam, 2020.

Muttaqin, Mochammad Sabilil, “Pengaruh pelaksanaan metode pembelajaran kiai terhadap motivasi dan hasil hafalan Al-Qur’an santri di PPTQ Raudhatussholihin dan PPTQ Nurul Furqon Malang.” Masters Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018.

Puspitarini, Winanti Diyah, “Model pengembangan program tahasus Al- Qur’an sebagai pendukung mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Al Izzah Batu.” Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2014.

Rusyan, Tabrani, Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Remaja Rosda Karya, 1989.

Salim, Ahmad, Cara Mudah Bisa Menghafal Al-Qur’an, Jogjakarta: Bening, 2010.

Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press, 2007.

Shihab, M. Quraish, MukJizat Al- Qur’an, Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2007.

______. Tafsir Al- Mishbah, "Pesan, Kesan Dan Keserasian Al- Qur’an, 5th ed. Vol. 1. Jakarta: Lentera Hati, 2005.

Suprihatin, Siti, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Promosi UM Metro, 2015.

Suryabrata, Suryadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 1984.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002.

Wafiroh, Umi Lailatul, Muhtar Arifin, and Hidayatus Sholihah. “Upaya Guru PAI Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA, 2019.

Wiyarto, Andy, “Motivasi Menghafal Al Qur’an Pada Mahasantri Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Di Surakarta.” PhD 'Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013'.
Published
2020-03-01