Kecemasan Menghadapi Tes Ulangan Tengah Semester terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits di MTs. Manba’ul Huda Pundenrejo Tayu Pati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi tes ulangan tengah semester gasal. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs. Manba’ul Huda Pundenrejo Tayu Pati, yang berjumlah 74 siswa. Dengan metode penarikan sampel jenuh. Yakni Seluruh siswa MTs. Manba’ul Huda dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100 siswa. Pengumpulan data kecemasan dalam menghadapi tes terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits dilakukan dengan menggunakan metode angket. Sedangkan data hasil belajar Al-Qur’an Hadits diperoleh dari soal tes Al-Qur’an Hadits. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecemasan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Huda Pundenrejo dalam menghadapi Ulangan Tengah Semester pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits semester Genap rata-rata adalah 33. (2) Hasil belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Huda Pundenrejo pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits semester Genap tahun pelajaran 2016/2017 rata-rata 79,35. (3) Sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal untuk Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits semester genap yaitu 75, oleh karena itu hasil belajar siswa MTs. Manba’ul Huda Pundenrejo dikatakan “Tuntas” karena rata-rata hasil belajarnya di atas KKM. (4) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecemasan menghadpai tes UTS terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits di MTs. Manba’ul Huda Pundenrejo Tayu Pati tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mendapatkan hasil belajar yang tinggi, siswa harus mempunyai konsep untuk mengendalikan diri agar tidak terlalu cemas atau rendah.
References
Al-Quran dan Terjemahnya Kementerian agama RI Dirjen Bimas Islam Urusan Agama Islam, Jakarta: PT.Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.
AstridIndi Dwisty Anwar,“Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara”,Sripsi Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara, 2009.
Buku pegangan guru , Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014.
Daryanto dan Muljo Rahardjo, Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Gava Media, 2012.
Eko Prabowo, Konsep & Aplikasi Asuhan keperawatan Jiwa, Yogyakarta: Nuha Medika, 2014.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2005.
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Masyhuri dan M. Zainuddin, Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif, Bandung: Refika Aditama, 2008.
Mut’ah Mutmainah, “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs N 19 Jakarta Tahun 2014”, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.
Nyayu Khodijah, Psikologi pendidikan, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2014.
Prapdika Sarastika, Manajemen Pikiran Untuk Mengatasi Stres Depresi Kemarahan dan Kecemasan, Yogyakarta: Araska, 2014.
Rifa Hidayah, Psikologi Pengasuhan Anak, Malang: UIN Malang Press, 2009.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. III, 2003.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitaif R & D, Bandung; Alfabeta, Cet. 17, 2013.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Valentina Rian Prastiwi, Kunci Meraih Kebahagiaan Remaja, Jakarta: PT. Perca, 2010.
Wina Sanjaya, Pembelajaran dan Implementasi, Bandung: Wacana Prisma, 2008.