Urgensi Iptek dalam Pengembangan Pendidikan Islam
Abstract
Sains dan Teknologi atau biasa disebut IPTEK sebagai satu kesatuan yang tidak bisa disepakati. Semua bentuk perubahan yang berlaku saat ini tidak jauh dari sains dan teknologi. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dekade ini tentu telah memberikan timbal balik kepada pengguna baik individu, komunitas, dan negara. Sedihnya dunia saat ini memiliki banyak hal yang didukung oleh luasnya peradaban barat. Salah satu penyebabnya adalah sains dan teknologi yang telah memberikan kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat. Jika dilihat pengaruh sains dan teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sosial. Pengaruh sains dan teknologi itu sendiri tidak selalu mengarah ke arah yang positif, tentu saja dalam penerapannya sains dan teknologi juga bisa mengarah ke arah yang negatif. Terutama di dunia Pendidikan, tentu saja, ambil dari Sains dan Teknologi baik dalam bahan ajar atau metode yang digunakan dalam Namun, tidak sedikit dari mereka yang memiliki perspektif yang sukses pendidikan Islam tidak mampu bersaing dengan kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi. Pertanyaannya adalah, bagaimana pendidikan Islam berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dalam perkembangannya selalu mencapai tingkat kemajuan? Bisakah pendidikan Islam diorientasikan melalui Sains dan Teknologi? Ini adalah tantangan terbesar di dunia pendidikan Islam saat ini. Karena itu, peran terbesar dalam masalah ini adalah Pendidikan Islam. bagaimana pendidikan Islam dapat berkontribusi pada pengembangan sains dan teknologi yang dalam perkembangannya selalu mencapai tingkat kemajuan? Bisakah pendidikan Islam diorientasikan melalui Sains dan Teknologi? Ini adalah tantangan terbesar di dunia pendidikan Islam saat ini. Karena itu, peran terbesar dalam masalah ini adalah Pendidikan Islam. bagaimana pendidikan Islam dapat berkontribusi pada pengembangan sains dan teknologi yang dalam perkembangannya selalu mencapai tingkat kemajuan? Bisakah pendidikan Islam diorientasikan melalui Sains dan Teknologi? Ini adalah tantangan terbesar di dunia pendidikan Islam saat ini. Karena itu, peran terbesar dalam masalah ini adalah Pendidikan Islam.
References
Fazlur, Rahman, Fazlur. 1987. Tantangan Pembaharuan IslamJakarta: Salahudin Press.
Dewantara, Ki Hajar. 1962. Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta:Majelis Luhur Persatuan Taman siswa.
Tafsir, Ahmad. 1994. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung:Remaja Rosda Karya
Soegarda Poerbakawatja, Soegarda. 1970. Pendidikan Dalam Alam Indonesia Merdeka. Jakarta:Gunung Agung
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Daradjat. Zakiah. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:Bumi Aksara.
Muzayyin, Arifin. 2003. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta:Bumi Aksara.
Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, Jakarta:Ciputat Pers.
Nata, Abbudin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan. Bandung: aksara.
Thoha,Chabib. 1996. Kapita Selekta dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.