Problematika Sistem Pembelajaran Full Day School di SD Islamic Center Samarinda

  • Firda Rahmayani IAIN Samarinda
  • Bahrani Bahrani IAIN Samarinda
  • Saipul Hadi IAIN Samarinda
Keywords: Problematika, Full Day School, SD Islamic Center

Abstract

Sistem full day school merupakan ciri khas sekolah terpadu yang mengharuskan sekolah merancang perencanaan pembelajaran dari pagi hingga sore, dengan durasi yang panjang tersebut tentu berisiko menimbulkan kejenuhan bagi peserta didiknya. SD Islamic Center merupakan sekolah yang menerapkan full day school dari pagi sampai dengan sore hari dengan durasi istirahat dua jam sekali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika sistem pembelajaran  full day school di SD Islamic Center Samarinda. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data melalui tiga tahap yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa, adanya problem pada sistem pembelajaran  full day school seperti siswa kurang bisa menyesuaikan diri dengan jam tambahan yang lama. Situasi tersebut membuat mereka lelah & bosan, sehingga membuat kurangnya fokus dan motivas. Ditambah siswa tidak terkontrol akibat kurangnya guru, jadwal bertabrakan akibat banyaknya program dan sekolah menjadi konteks tempat penitipan anak. Solusi yang ditawarkan, guru mendesain pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak jenuh dan bosan, mengadakan program kegiatan yang dapat memicu kembali semangat siswa setelah 5 hari bersekolah, memberi pengawasan penuh pada siswa dengan adanya wali kelas dan guru pendamping, serta mensosialisasikan tujuan awal dari konsep full day school pada orang tua wali murid.

References

Afni, Azizah Rizky. “Problematika Pembelajaran System Full Day School Siswa Kelas 1 SDIT AL- Irsyad”. Skripsi. Tegal: UIN Walisongo, 2015

Hasanah Naomi Ainul, Rasmah, Learning Poverty Implikasi Perubahan Kurikulum yang Belum Terselesaikan, Tarbiyah wa Ta’lim, Vol. 5, No. 3, (2018).

Alanshori, M. Zainuddin. “Efektivitas Pembelajaran Full Day School Terhadap Prestasi Belajar Siswa”, Akademika, Vol. 10 No. 1, 2016.

Arikunto, Suharsimi. Prosedure Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Bahruddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:Universitas Muhammadiyah, 2017.

Diyah Rohana, Homsa “Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas V di SD Nasima Semarang”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, 2017.

Echlos, Jhon “Kamus Inggris Indonesia”. Cet. XXIII. Jakarta: Gramedia, 1996.

Fathoni, Abdurrahmat Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hawi, H. Akmal. “Sistem Full-Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Studi Kasus Di Izzuddin Palembang”, Istinbath. No. 16, Th XIV, 2015.

Ma’mur, Jamal Asmani. Full Day School Konsep Manajmen & Quality Control. Yogyakarta: Ar-Razz Media, 2017.

Muchith, Saehan. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group, 2008.

Mujayanah,Siti “Sistem Full Day School dalam pembentukan karakter siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pakel Yogyakarta”. Tesis. UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Nailfar, Nibras Nada. “Wacana Sekolah Full Day, ini Tanggapan Murid dan Orangtua”. dalam https://amp-kompas-com.cdn.ampproject.org, diakses 10 April 2016.

Nopianda,Izmi “Implementasi System Full Day School dan Problematika dalam Pembelajaran PAI di SMPN 24 Bandar Lampung”. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Puspa, Rahmi Rini. ”Pelaksanaan Full Day School dalam Pembentukaan Karakter Peserta Didik di SD Islam Terpadu As-Syamil”. Skripsi. Bontang: IAIN Samarinda: 2018.

Ridwan. Skala Pengukuran Variabel-variabel Peneliti. Bandung: Alfabeta, 2017.

Risnita dan Asvio, Nova. “Evaluasi Kebijakan Program Full Day School Pada Sekolah Umum”. Jurnal Manajemen Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan edisi No. 2, Vol. 4, 2019.

Rosyada, Dede. Madrasah dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam DI Era Otonomi Daerah. Depok: Kencana, 2017.

Sc, Rachman. “Pengertian Dan Tujuan Pendidikan Di Sekolah Dasar” dalam https://disdik.bekasikab.go.id. diakses 01 Maret 2015.

Siregar, Lis Yulianti Syarfrida. “Full Day School Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter (Perspektif Psikologi Pendidikan Islam”. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam edisi no. 02, Vol. 05, 2017.

SM, Ismail. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group, 2011.

Soapatty, Lisnawati. “Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full Day School) Terhadap Prestasi Akademik Siswa Jati Agung Sidoarjo”. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. vol,2. No.2 Tahun 2014.

Sulistyaningsih, Wiwik. Full Day School dan Optimalisasi Perkembangan Anak. Yogyakarta: Paradigma Pendidikan, 2008.

Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Umar, Husein. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Published
2020-07-24