Pola Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata di MTsN 6 Sleman

  • Fathiyatul Haq Mai Al Mawangir IAIN Samarinda
  • Fulan Puspita IAIN Samarinda
Keywords: pembentukan karakter, peduli lingkungan, program adiwiyata, madrasah

Abstract

Sejak 1 Januari 2020 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) mencatat ada 1.453 bencana yang terjadi di Indonesia. Bencana ini terjadi karena faktor alam dan kerusakan lingkungan yang dilakukan oleh manusia. Untuk itu dibutuhkan pendidikan yang bisa membentuk karakter peduli lingkungan pada masyarakat yang dimulai dari pendidikan formal di sekolah/madrasah, sehingga kerusakan lingkungan yang telah terjadi dapat diperbaiki dan meminimalisir terjadinya kerusakan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 6 Sleman dilakukan pola pengintegrasian nilai-nilai peduli lingkungan dan program adiwiyata. Ada 4 indikator dalam membentuk karakter peduli lingkungan yang berhasil diterapkan oleh MTsN 6 Sleman, yaitu; Aspek Kebijakan madrasah, aspek kurikulum berbasis lingkungan, aspek pengelolaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan dan aspek kegiatan di madrasah berbasis partisipatif berupa piket kelas, piket membuang sampah, menjadikan sampah sebagai uang, menjaga kebersihan di lingkungan madrasah, memanfaatkan limbah air wudhu sebagai kolam ikan dan tanaman aquaponik, membuat slogan-slogan di dinding madrasah untuk menjaga kebersihan membersihkan lingkungan madrasah. Pola pembentukan karakter peduli lingkungan bagi peserta didik di MTsN 6 Sleman tersebut adalah memberikan pelatihan, pendidikan, penyadaran, dan evaluasi berkelanjutan dengan tujuan setiap proses tersebut kemudian dapat terpatri dalam jiwa peserta didik hingga seterusnya menjadi karakter yang peduli lingkungan.

References

Iswanto, Agus, "Relasi Manusia Dengan Lingkungan Dalam Al-Quran Upaya Membangun Eco-Theology", Jurnal Suhuf, Vol. 6 , No. 1, (2013): 1-14.

Mawangir, Fathiyatul Haq Mai Al-, “Internalisasi Nilai-Nilai Religiusitas Islam Terhadap Para Muallaf Tionghoa Palembang di Organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumatera Selatan), Master Thesis, Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015.

Quigley, Cassie F and Renee Lyons, “The Role of Care in Environmental Education, Part of the Cultural Studies of Science Education book series, Kanada: CSSE, 2016.

Desfandi, Mirza, "Mewujudkan Masyarakat berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata", Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, Vol. 2, No. 1, (2015): 31-37.

Hidayatullah, ‘Implementasi Program Adiwiyata Di SD Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang" Skripsi, Semarang: UIN Walisongo, 2016..

Zhang, Juan, An Introduction of Building Green Schools, China: Applied Technology College, 2009.

Kemendiknas, Pedoman Sekolah Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kemendiknas, 2011.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ”Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan”, dalam http://panduan.adiwiyata.com diunduh pada 10 Juli 2020.

Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, “Pendidikan Lingkungan Hidup”, dalam http://www.menlh.go.id/pendidikan lingkungan hidup/ diunduh pada 10 Juli 2020.

Nasir, Muhammad, “Pengembangan Kurikulum Berbasis Madrasah”, Jurnal Hunafa : Jurnal Studia Islamika, Vol. 6, No. 3, (2009), 1-30.

Hasanah, Nur, Implementasi Program Green School Pada Pembelajaran IPS di SMPN 9 dan 15 Tegal, Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2011.

Soemarwoto, Otto, Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan, Jakarta: Djambatan, 2010.

Faturrahman, Pupuh, Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: Refika Aditama, 2013.

Puspita, Fulan, “Pembentukan Karakter Berbasis Pembiasaan dan Keteladanan (Studi Kasus atas Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negri Yogyakarta1, Master Thesis, Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015.

Puspita, Fulan, and Fathiyatul Haq Mai Almawangir, “Peran Habitus dalam Pembentukan Kapital Intelektual Peserta didik di Madrasah”, Indonesian Journal of Islamic Psychology, Vol. 1. No. 2. (2020): 170-185.

Saturi, Sapariah, “Catatan Akhir Tahun; Lingkungan Rusak, Bencana Makin Mengancam, Bagimana Prediksi 2019?” , dalam https://www.mongabay.co.id, diunduh pada 15 Juni 2020

Sodikin, Penegakan Hukum Lingkungan, Tinjauan Atas Undang-Undnag Hukum Nomor 23 Tahun 1997, Jakarta: Djambatan, 2009

Syamsi, Nur, “Identifikasi Nilai Karakter Religius dalam Video Karya Youtuber Milenial”, Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 7. No. 1, (2020). 37- 48.

Salsabila, Tita, “Hingga 9 Mei 2020, Indonesia Setidaknya Sudah Alami 1.453 Bencana Alam”, dalam https://www.pikiran-rakyat.com, diunduh pada 17 Juni 2020.

Azizah, Yunita Noor, “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Religus: Studi Multi Kasus di SMP Negeri 10 Samarinda dan SMP IT Cordova Samarinda, Master Thesis, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2015.
Published
2020-07-30