Literasi Matematika Siswa SMP IT Cordova Ditinjau dari Domain Konteks

Keywords: literasi matematika, domain konteks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa SMP IT Cordova ditinjau dari domain konteks, yaitu personal, occupational, societal dan scientific. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan kepada 117 siswa kelas IX SMP IT Cordova pada tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan instrument berupa 16 butir soal model PISA yang telah dikembangkan pada penelitian sebelumnya. Instrumen penelitian telah melalui validasi oleh expert judgement. Reliabilitas soal tergolong baik yaitu, 0,835. Soal model PISA terdistribusi merata pada keempat domain konteks. Data penelitian berupa jawaban siswa yang diberi skor berdasarkan rubrik penskoran, lalu dikonversi ke skala 0-100. Skor tersebut dianalisis menggunakan statistik deskriptif lalu disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematika siswa SMP IT Cordova tergolong sedang. Berdasarkan domain konteks, literasi matematika SMP IT Cordova lebih dominan pada konteks scientific, yakni berada pada kategori tinggi. Sedangkan konteks occupational merupakan konteks yang paling rendah dikuasai oleh siswa SMP IT Cordova meskipun masih dalam kategori sedang.

References

Abassian, Aline, Farshid Safi, Sarah Bush, and Jonathan Bostic, ‘Five Different Perspectives on Mathematical Modeling in Mathematics Education’, Investigations in Mathematics Learning, 12.1 (2020), 53–65

Ebel, R. L., and D. A. Frisbie, Essentials of Educational Measurement (Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc, 1991)

Hamidy, Anwaril, ‘Kemampuan Matematika Siswa SMP Kalimantan Timur Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Dan TIMSS’ (Yogyakarta State University, 2016)

Hamidy, Anwaril, and Jailani Jailani, ‘Factors Influencing Students’ Performance in Solving International Mathematics Tests’, in Character Education for 21st Century Global Citizens: Proceedings of the 2nd International Conference on Teacher Education and Professional Development (INCOTEPD 2017), October 21-22, 2017, Yogyakarta, Indonesia, 2018, pp. 353–62

———, ‘Kemampuan Proses Matematis Siswa Kalimantan Timur Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA’, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6.2 (2019), 133–49

Hirsch, Christian R, and Amy Roth McDuffie, Annual Perspectives in Mathematics Education 2016: Mathematical Modeling and Modeling Mathematics. (ERIC, 2016)

Indartono, Setyabudi, and Anwaril Hamidy, ‘The Contribution of Test Type and Curriculum Difference on the Effect of the National Test Score at International Mathematic Test Score: The Challenge of IR 4.0 Curriculum’, Eurasian Journal of Educational Research, 19.82 (2019), 1–12

Kemdikbud, ‘Dokumen Kurikulum 2013’ (Jakarta: Kemdikbud RI, 2012)

Knowledge and Skills for Life, PISA (OECD, 2001)

Krathwohl, David R, ‘A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview’, Theory into Practice, 41.4 (2002), 212–18

Niss, Mogens, ‘Goals of Mathematics Teaching BT - International Handbook of Mathematics Education: Part 1’, ed. by Alan J Bishop, Ken Clements, Christine Keitel, Jeremy Kilpatrick, and Colette Laborde (Dordrecht: Springer Netherlands, 1996), pp. 11–47

OECD, PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA. OECD Publishing. Paris., PISA (OECD, 2019)

———, ‘PISA 2018 Results: What Student Student Know and Can Do’, in PISA 2018 Results (Volume I) (OECD Publishing, Paris, 2019), I, 1–254

‘Pengertian Sekolah Islam Terpadu | Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) INDONESIA’ [accessed 18 July 2020]

Sari, Dwi Cahya, ‘Kemampuan Siswa SMP Di Eks Karesidenan Kediri Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Model PISA Dan TIMSS’ (Universitas Negeri Yogyakarta, 2017)

The National Council of Teachers of Mathematics, Principles and Standards for School Mathematics, ed. by Jean Carpenter and Sheila Gorg (Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc., 2000)

Wulandari, Nidya ferry, ‘Kemampuan Matematika Siswa SMP Dan SMA Di Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Menyelesaikan Soal Model TIMSS Dan PISA’ (Universitas Negeri Yogyakarta, 2015)
Published
2020-07-24