Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran (Studi Kasus di SD Islam Asih Auladi Depok Jawa Barat)

Keywords: metode Ummi, pembelajaran Alquran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Ummi dalam meningkatkan pembelajaran membaca Alquran siswa di SDI Asih Auladi serta faktor pendukung dan penghambatnya. Menurut penulis untuk bisa membaca Alquran dengan tartil (baik dan benar) diperlukan adanya metode atau cara yang khusus dalam pembelajaran agar proses pembelajaran lebih terarah dan sistematis. Dalam  melaksanakan  penelitian  ini  penulis  menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data didapatkan kemudian data tersebut diolah dengan beberapa tekhnik yaitu editing dan interpretasi data. Selanjutnya semua data dianalisa menggunakan tekhnik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Secara keseluruhan siswa di Sekolah Dasar Islam  Asih Auladi ini membutuhkan bimbingan dan arahan dari guru agar siswa lebih giat dalam belajar membaca Alquran. (2) Penerapan metode Ummi yang dilakukan guru dalam pembelajaran Alquran berdampak baik terhadap meningkatnya kemampuan membaca Alquran siswa. Hal ini dapat dilihat dari daya serap dan perilaku siswa yang tampak setelah melakukan proses pembelajaran Alquran dengan metode Ummi. (3) adanya peserta didik yang belum mampu membaca Alquran sesuai dengan metode Ummi, diantaranya dalam penyesuaian nada bacaan metode Ummi. (4) Terdapat faktor penghambat dan pendukung pembelajaran Alquran dengan metode Ummi, faktor pendukungnya adalah alat peraga yang digunakan, dan guru Alquran yang sudah tersertifikasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari siswa itu sendiri, guru Alquran itu sendiri, dan kurangnya tempat untuk pembelajaran Alquran dengan metode Ummi.

References

Afdal. (2016). Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015-2016. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 1–9.

Buchori, Mochamad,(2014) et al. Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an, Yogyakarta:

Fajriani, D. (2019). Implementasi Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Quran. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 179–187.

Foundation, Ummi.(2011) Modul Sertifikasi Guru Alquran Metode Ummi, Surabaya: Ummi Foundation

Hambali, & Hurriyah, W. (2020). Penguatan Receptive Skills Siswa Melalui Metode Ummi Pada Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah. Risâlah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 134–149.

Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017a). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 160–175.

Ike Nurfiliatil.2020. Implementasi Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MIN 2 Jombang, Journal of Education and Management Studies, Vol. 3, No. 2, April 2020 Hal. 7-12 ISSN: 2654-520

Masruri dan A. Yusuf. (2010), Belajar Mudah Membaca Alquran Ummi, Surabaya:KPI

Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01) h. 3.

Maya, R., (2017). Perspektif Al-Qur‘an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al- Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01)

Maya, R. & Syafri, U.A. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Ismâ’îl A Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01). h. 241.

Muzzammil, Ahmad MF, Al Hafizh. 2007. Panduan Tahsin Tilawah Kajian Ilmu Tajwid Tingkat Dasar. Jakarta Timur: Alfin Press.

Nasution, Z. (2019). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Alquran Untuk Membangun Karakter Peserta Didik. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 50–66.

Novita, O., Zulhaini, & Mailani, I. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Ummi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Di Sd Islam Aqzia Teluk Kuantan. JOM FTK UNIKS, 1(1), 121–126.

Purwasih, G. D. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Motivasi Pembelajaran di MI Al-Hikmah Karangrejo dan MI Sunan Ampel Bono. Tadrisuna : Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Keislaman.

Rahman, A., Maya, R., & Sholahudin. (2018). Konsep Al-Ṣiraṭ Al- Mustaqim dalam Al-Quran (Studi Tafsir Tematik Ayat-ayat yang Menjelaskan Term Al-Ṣirat Al- Mustaqīm). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(02).

Rifa’i, A. (2018). Implementasi Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Di SDIT Ihsanul Amal Alabio. Jurnal Ilmiah ALMADRASAH, 2(2), 85–97.

Riyani. I. (2016). Menelusuri Latar Historis Turunnya Al-Qur’an dan Proses Pembentukan Tatanan Masyarakat Islam. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1(1).

Santoso, Subhan Adi. 2018. Implementasi Metode Iqra’ dan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Al-falah Modung Bangkalan. Annaba : Jurnal Pendidikan Islam: 4 (1), 63-80.

Sukmana, Indriyani. 2010. Metode Membaca Alquran (Studi Komparatif Metode Qiraati Dengan Metode Iqra). Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yasyakur, M. (2019). Penerapan Metode UMMI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa di SDIT Kaifa Bogor. Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 2(02).
Published
2021-07-12