Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Ulum Samarinda

  • Yuriska Kurnia Dewi IAIN Samarinda
  • Zamroni Zamroni IAIN Samarinda
  • Marniati Kadir IAIN Samarinda
Keywords: Peran Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Kepemimpinan

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Proses pembelajaran merupakan hal pokok dalam pendidikan yang akan dijadikan salah satu penentu dalam peningkatan mutu sekolah, maka akan dibutuhkan kinerja yang efektif dari guru, kinerja guru yang terjadi dilapangan sesuai dengan keahlian dan latar belakang pendiidkan masing-masing guru sehingga sekolah dapat berkembang yang awalnya hanya memiliki satu jurusan saja yaitu manajemen akuntansi menjadi dua jurusan yaitu bertambah jurusan TKJ, serta mendapat akreditasi B. Namun kurangnya kedisiplinan waktu dari beberapa guru menyebabkan kelas menjadi kosong dan gaduh. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala seklah dalam peningkatan kinerja guru serta mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pendekatan penelitian ini adalah fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder, data primer adalah kepala sekolah, waka kesiswaan dan beberapa guru. dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan mengikuti model analisis miles and huberman yaitu yang dilakukan secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK Miftahul Ulum penuh rasa tanggung jawab, dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, yang dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman sehingga guru dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalm peningkatan kinerja guru di SMK Miftahul ulum Yaitu: faktor pendukung: semangat guru, motivasi dari kepala sekolah, sedangkan faktor penghambat adalah Manajemen waktu, kurangnya kedisiplinan guru, terbatasnya SDM.

References

Hendarman. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Indeks Puri Media. 2015.
Isjoni. Manajemen Kepemimpinan Dalam Pendidikan. Bandung: Sinar BaruAlgensindo. 2007.
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2004.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2009.
Sumardi. Kepala SMK Miftahul Ulum,Wawancara Pribadi, Makroman 21 Juli 2018.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teorotik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2008.
Published
2019-11-10