Implementasi Disiplin Kerja Tata Usaha di Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda
Abstract
Salah satu indikator keberhasilan disiplin kerja adalah tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan. Realita di lapangan, sebagian staf tata usaha Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda sudah sepenuhnya baik dalam disiplin kerja seperti yang diharapkan. Oleh karena itu diperlukan upaya meningkatkannya, antara lain dimulai dari menciptakan disiplin kerja yang baik dan berkelanjutan. Rumusan masalah yang diangkat yaitu bagaimana kepala sekolah melakukan disiplin kerja pada staf tata usaha, bagaimana implementasi disiplin kerja staf tata usaha dalam aktivitas sehari-hari, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi disiplin kerja pada staf tata usaha. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi disiplin kerja tata usaha di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Labbaika Samarinda. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala tata usaha, dan staf tata usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisi data di lapangan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi disiplin kerja staf tata usaha di MTs Labbaika Samarinda disiplin. Hal ini dilihat dari kepala madrasah mampu menerapkan disiplin kerja staf tata usaha yang ada di madrasah tersebut. Disiplin kerja berupa ketepatan waktu, menggunakan peralatan kantor dengan baik,tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan, dan menaati peraturan kantor. Faktor pendukung implementasi disiplin kerja staf tata usaha yaitu kesadaran untuk meningkatkan performa kerja terutama dalam aktivitas kerja sehari-hari. Sedangkan faktor penghambat dalam disiplin kerja pada staf tata usaha dijadikan sebagai motivasi bagi staf tata usaha agar disiplin kerja lebih baik lagi.
References
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Soekarno, Di Bawah Bendera Revolusi, Jilid I, Jakarta: Panitia Di Bawah Bendera Revolusi, 1995.
Sukmadinata, N. Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan. Cet.IV Bandung: PT. Remaja Rosdakarnya, 2008
Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Ed. 1, Cet. 4, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.
Soedarmo, D, Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah, Jakarta: Mini Jaya Abadi, 1997.
Nitisemito, A. S, Manajemen Personalia, Jakarta: Ghalia Indonesia,1996.
Sinungan, Muchdarsyah, Produktivitas Apa dan Bagaimana, Jakarta: Bumi Aksara,2000.