Implementasi Manajemen Tata Usaha di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda

  • Helma Tiara IAIN Samarinda
  • Ananiah Ananiah IAIN Samarinda
  • Darwis Darwis IAIN Samarinda
Keywords: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Tata Usaha Madrasah

Abstract

Dalam rangka menunjang kelancaran proses belajar mengajar di instansi sekolah diperlukan suatu bagian yang mendukung proses kegiatan tersebut yaitu ketatausahaan, subsistem yang lain seperti bagian kesiswaan, kurikulum, administrasi personel, dan lainnya. Bila administrasi ketatausahaan berjalan dengan baik maka kegiatan yang menyangkut pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, maka dari itu untuk memperlancar dan meningkatkan efektivitas proses administrasi maka diperlukan manajemen ketatausahaan yang baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen tata usaha yang mengacu kepada kegiatan manajemen tata usaha menurut Ngalim Purwanto yang meliputi organisasi surat-menyurat, organisasi dan struktur pegawai, keuangan dan rencana anggaran belanja sekolah, serta kesejahteraan perseonel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan tujuan penelitian deskriptif adalah untuk menjadikan penulisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala tata usaha serta pegawai staf tata usaha bidang administrasi persuratan, administrasi umum, keuangan, dan kepegawaian. Hasil penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda munujukkan  bahwa pelaksanaan dan penerapan manajemen tata usaha di madrasah ini telah berjalan sangat baik,. Kegiatan tata usaha yang direalisasikan secara prakteknya di Madrasah Aliyah Negeri 1 Samarinda adalah administrasi persuratan, kepegawaian, keuangan, kesiswaan, serta sarana dan prasarana, juga  adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala tata usaha dan pegawai tata usaha dalam pengelolaan administrasi sekolah demi mencapai tujuan kelembagaan.

References

Afifudin, dkk. 2004 Administrasi Pendidikan. Bandung : CV Insan Mandiri.
Agustina, Ayu. 2017. Kinerja Pegawai Tata Usaha dalam Layanan Pendidikan Di Mts Negeri COT GUE Aceh Besar. Banda Aceh : Universitas Islam Negeri Ar – Raniry Darussalam.
Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Asmani Jamal, Ma’mur. 2011. Administrasi Pendidikan. Yogyakarta : Diva Press.
Atmosudirjo, Prajudi. 1976. Dasar-dasar Administrasi Management dan Office Management. Jakarta : Gramedia.
Daryanto. 2006. Administrasi Pendidikan. Cet. IV. Jakarta : Rineka Cipta.
Fatah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : PT Remaja Rosdakarya.
Gunawan, H Ary. 2002. Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan Mikro, Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. 7. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hariyani, Mika. 2014, Pelayanan Ketatausahaan Peserta Didik pada Penyelenggaraan Pendidikan di SMK Negeri 2 Sewon. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Hartono, Edi. 2006. Studi Tentang Pelaksanaan Manajemen Operatif Pendidikan di Madrasah Aliyah Mu'allimin Mu'allimat Rembang. Semarang : Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
Herujito, M. Yayat. 2001. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta : PT Grasindo.
Ilyasin, M. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Sekolah Islam Terpadu. Samarinda: Pusat dan Pengabdian masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
Kasmir. 2011. Etika Costomer Service. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kompri. 2014. Manajemen Sekolah Teori &Praktek. Bandung: Alfabeta.
Maleong, Lexy. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, M. Ngalim. 2007. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
R. Terry, George, dan W. Rue Leslie. 2014. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Rohiat. 2012. Manajemen Sekolah : Teori dan Praktek. Bandung : PT Refika Aditama.
Saebeni, Beni Ahmad. 2008. Metode Penelitian. Bandung : CV Pustaka Setia.
Soebroto. 1972. Ilmu Tata Usaha. Yogyakarta : BPA UGM.
Published
2018-07-03