Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal

  • Suttrisno Suttrisno 1. DOSEN/LECTURER PGMI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI BOJONEGORO. 2. ALUMNI UNIVERSITAS TRUNJOYO 2017 3. ALUMNI PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA https://orcid.org/0000-0002-4013-1609
  • Hesti Puspitasari Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Buku Ajar, Membaca Menulis Permulaaan (MMP), Model Pengembangan 4D

Abstract

Buku ajar merupakan bahan tertulis dalam bentuk lembaran-lembaran kertas yang dijilid dan diberikan cover, yang menyajikan ilmu pengetahuan yang disusun secara sistematis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan buku ajar yang valid, efektif dan praktis. Pada penelitian ini menggunakan model penelitian 4D yang terdapat 4 tahapan yaitu, pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Buku ajar ini telah divalidasi oleh beberapa para ahli yaitu, ahli desain media, ahli bahasa, ahli materi dan ahli desain pembelajaran. Ada 3 uji coba dalam penelitian ini yaitu, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil,dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan persentase gabungan kevalidan buku ajar membaca menulis permulaan (MMP) menurut para ahli diperoleh persentase sebesar 84,66% dikategorikan (sangat valid). Kepraktisan buku ajar membaca menulis permulaan (MMP) diukur melalui lembar keterlaksanaan RPP yang dilakukan pada uji coba kelompok besar  pertemuan 1sebesar 90,52% dan uji coba kelompok besar pertemuan 2 sebesar 91,57% dikategorikan (sangat praktis). Keefektifan diperoleh dari uji coba kelompok besar dengan persentase  95,33% dikategorikan (sangat efektif). Berdasarkan dari data hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar membaca menulis permulaan (MMP) pada kelas II SDN Brakas Dajah 1 Bangkalan layak untuk digunakan.

Author Biography

Suttrisno Suttrisno, 1. DOSEN/LECTURER PGMI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI BOJONEGORO. 2. ALUMNI UNIVERSITAS TRUNJOYO 2017 3. ALUMNI PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

1. DOSEN/LECTURER PGMI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI BOJONEGORO.
2. ALUMNI UNIVERSITAS TRUNJOYO 2017
3. ALUMNI PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

4. aktif mengajar di Sekolah Dasar

5. Aktif menjadi penelitia di Madura

6. Aktif menjadi Tuton Online Universitas Terbuka

References

Akbar, Sa’dun. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andayani. (2013). Pengembangan Model Bahan Ajar Membaca Menulis Permulaan Dengan Pendekatan Atraktif Di Sekolah Dasar Kawasan Miskin Kota Surakarta. Vol. 22 No. 1. Jurnal: Kajian Linguistic Dan Sastra FKIP UNS.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, (Online), 3 (2): 139-144. (https://stkip-pessel.ac.id).

Jauhar. Mohammad. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai, Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Mujtahidin. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila

Mulyati. Yeti. (2017). Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaaan. FPBS: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyatiningsih. Endang. (2017). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Oktavia, J. (2016). Big book dalam Pembelajaran Reading Comprehension untuk Mengembangkan Critical Reading Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Antologi UPI, 1-9.

Prasrihamni, Mega dan Triyana Yetra. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Model Vark Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia Volume 3 No 2 Tahun 2020.

Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press. Rohmah, D.N., Hariyono dan Sudarmiatin. 2017. Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan, (Online), 2 (5): 719-723, (https://journal.um.ac.id).

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif., Jogjakarta: DIVA Pres

Rahman, Muhammad. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Ratih, Maistika, dan Taufina Taufina. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Model Vark Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.32.

Sari, Ria Vionita. (2017) Pengembangan Media Big Book “Kedudukan Dan Peran Anggota Keluarga Untuk Pembelajaran Ips Kelas II SDN Karang Tengah 4. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta,).

Solehun, Yulianto, B., dan Suhartono. (2017). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berorientasi Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa S1 PGSD. Jurnal Review Pendidikan Dasar, (Online), 3 (1): 329-338. (https://journal.unesa.ac.id) diakses 30 Nopember 2019.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suprijono. Agus. (2016). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suratno, Narulita, E., dan Luthfia, S. (2018). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Kontekstual Bermuatan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA. Jurnal Edukasi, (Online), V (1): 45-48, (https://jurnal.unej.ac.id) diakses 5 Oktober 2019.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif:Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Umarella, S., Saimima, M.S., dan Hussein, S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, (Online), 3 (2): 234- 241. (https://jurnal.iainambon.ac.id).

Vuri, Devita. (2016). Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar Kelas Rendah.No. 01. Jurnal Ilmiyah.

Wijayanto, R., dan Santoso, R.H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), 7 (3), (https://journal.student.uny.ac.id).
Published
2021-07-05