Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19
Keywords:
Persepsi mahasiswa, Pembelajaran daring, Proses belajar mengajar, Kapabilitas Dosen
Abstract
Pembelajaran daring dianggap sebagai paradigma baru dalam proses pembelajaran yang dapat dilakukan dengan mudah dengan mengandalkan sebuah aplikasi berbasis koneksi internet. Peralihan pembelajaran dari luring menuju daring telah menimbulkan pembelajaran, komunikasi, metode penilaian baru, serta beban kerja yang berbeda, sehingga dampak pembelajaran daring berpengaruh terhadap berbagai aspek. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan persepsi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman (FKM Unmul) pada pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 dengan ketercapaian pembelajaran. Studi ini merupakan riset observasional dengan desain cross-sectional. Sampel sejumlah 192 mahasiswa FKM Unmul diambil dengan metode simple random sampling. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuisioner online, analisis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 76% mahasiswa memiliki persepsi negatif mengenai proses belajar mengajar, 93,8% memiliki persepsi positif pada kapabilitas dosen, sarana prasarana (86,5%) dan (100%) ketercapaian pembelajaran. Tidak ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap proses belajar terhadap ketercapaian pembelajaran (p-value 0,09), sebaliknya terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap kapabilitas dosen dan sarana prasarana terhadap ketercapaian pembelajaran (p-value 0,001). Disimpulkan persepsi terhadap kapabilitas dosen dan sarana prasarana berhubungan dengan ketercapaian pembelajaran. Untuk itu dosen dapat memberikan pembelajaran yang kreatif agar materi yang disampaikan lebih mudah dimengerti.References
Aswasulasikin, Hadi, Y. A., & Fadilah, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kuliah Daring dimasa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(8). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15734
Aziz, S. (2016). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Koreksi dan Implementasi. Gava Media.
Carolina, I., Supriyatna, A., & Puspitasari, D. (2020). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS), 2, 342–347.
Megasari, R. (2018). Impelementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 178. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088
Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Competency Based Human Resource Management). Ghalia Indonesia.
Murniarti, D., Purwaningsih, E., & Buwono, S. (2016). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi SMA Ngeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11), 2–13.
Murti, R. W., & Prasetio, A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University Influence of Lecturers ’ Competence to Student ’ s Academic Achievement of Faculty Economics nnd Business Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12950
Riadi, S., Normelani, E., Efendi, M., Safitri, I., & Tsabita, G. F. I. (2020). Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi, 2(2), 219–227. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i2.2151
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saharuddin, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS : Konsep dan Aplikasi (1st ed.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Saragih, O., Sebayang, F. A. A., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(3), 124–132. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.3
Sari, D. (2020). Peran Adaptif Tiga Universitas di Jabodetabek dalam Menghadapi Sistem Belajar Online Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 25–32. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/4
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (1st ed.). Prenada Media Group.
Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran Mengembangkan Wacana Dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Ar-Ruzz Media.
Z.R, H. N., & Saugi, W. (2020). Pengaruh Kuliah Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Samarinda. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2(2), 121–131. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v2i2.2330
Aziz, S. (2016). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi Koreksi dan Implementasi. Gava Media.
Carolina, I., Supriyatna, A., & Puspitasari, D. (2020). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS), 2, 342–347.
Megasari, R. (2018). Impelementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 178. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088
Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Competency Based Human Resource Management). Ghalia Indonesia.
Murniarti, D., Purwaningsih, E., & Buwono, S. (2016). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi SMA Ngeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(11), 2–13.
Murti, R. W., & Prasetio, A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University Influence of Lecturers ’ Competence to Student ’ s Academic Achievement of Faculty Economics nnd Business Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12950
Riadi, S., Normelani, E., Efendi, M., Safitri, I., & Tsabita, G. F. I. (2020). Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi, 2(2), 219–227. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/padaringan.v2i2.2151
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saharuddin, M. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN IPS : Konsep dan Aplikasi (1st ed.). Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Saragih, O., Sebayang, F. A. A., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(3), 124–132. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.3
Sari, D. (2020). Peran Adaptif Tiga Universitas di Jabodetabek dalam Menghadapi Sistem Belajar Online Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 25–32. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/4
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (1st ed.). Prenada Media Group.
Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran Mengembangkan Wacana Dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Ar-Ruzz Media.
Z.R, H. N., & Saugi, W. (2020). Pengaruh Kuliah Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Samarinda. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2(2), 121–131. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v2i2.2330