Bahan Ajar Menulis Esay dengan Media Herbarium Berbasis Kearifan Lokal (Studi Pengembangan pada Kurikulum Merdeka Belajar)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4 D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian dilaksanakan di IKIP Budi Utomo Malang dengan populasi seluruh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP Budi Utomo Malang yang terdaftar pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan hasil diskusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengolah maupun untuk menginterpretasikan hasil tinjauan dan uji coba produk pengembangan bahan ajar yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, menyatakan bahwa kedua aspek tersebut valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Adapun total rerata yang diperoleh dari ahli materi sebesar 89,88% dengan kriteria valid. Sedangkan untuk total rerata yang didapat dari ahli media sebesar 84,83% dengan kriteria valid. Sedangkan untuk uji cobakan produk skala besar menunjukkan presentase 80,67% dengan kriteria valid namun masih butuh revisi. Setelah melakukan revisi, produk diuji cobakan lagi pada skala kecil.dengan jumlah 10 mahasiwa, dan hasil yang total rerata yang diperoleh 90,25% dengan kriteria menarik dan sangat valid. Dengan demikian maka bahan ajar menulis esai dengan media herbarium berbasis kearifan local dapat dipakai untuk skala lebih besar dan luas.
References
Ending. System Kearifan Lokal. http://www.deptan.go.id/dpi/detailadaptasi3.php. (diakses tanggal 1 April 2021).
Ellis, Ryann K. (2009). Field Guide to Learning Management System. American Society for Training & Development (ASTD)
Ferreira, Carlos and Serpa, Sandro. 2018. Society 5.0 and Social Development: Contributions to a Discussion. Management and Organizational Studies Vol. 5, №4; 2018. Portugal.
Fukuyama, Mayumi. 2018. Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society, an article. Japan: Japan Spotlight.
Hayashi, H., Sasajima, H., Takayanagi, Y., & Kanamaru, H. (2017). International standardization for smarter society in the field of measurement, control and automation. Proceedings of the 56th Annual Conference of the Society of Instrument and Control Engineers of Japan. Kanazawa, Japan: Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).
https://doi.org/10.23919/sice.2017.8105723.
Haqqi, H. dan Wijayati, Hasna. 2018. Revolusi Industri 4.0 di Tengah Society 5.0: Sebuah Integritas Ruang, Terobosan Teknologi, dan Transformasi Kehidupan di Era Disruptif. Yogyakarta: PT. Anak Hebat indonesia (Quadrant).
Ilham, M., Sunarti, M., (2013), Pengembangan media pembelajaran herbarium siswa madrasah aliyah Kota Ternate, Jurnal Bioedukasi ISSN: 2301-4678, 192-198.
Info Teknik. 2019. Kolom pakar: Industri 4.0 vs Society 5.0, artikel. Yogyakarta: Fakultas Teknik UGM. Diakases pada laman https://ft.ugm.ac.id/kolom-pakar-industri-4-0-vs-society-5-0/
Jojo. “kearifan lokal”. http://merdekaahmad.blogspot.com/2012/11/kearifan-lokal.html. (diakses 3 November 2013)
Johan Iskandar, “Mitigasi Bencana Lewat Kearifan Lokal”, Kompas, 6 Oktober 2009.
Rian Iwinsyah. (2020). Menakar Konsep MERDEKA BELAJAR https://intens.news/menakar-konsep-merdeka-belajar/
Raditya, Dendy. 2019. Society 5.0: Tentang Tawaran dari Jepang dan Hal-Hal Yang Harus Kita Perhatikan. Yogyakarta: FISIPOL UGM, Creative Hub. Diakases pada laman: https://chub.fisipol.ugm.ac.id/2019/02/18/society-5-0-tentang-tawaran-dari-jepang-dan-hal-hal-yang-harus-kita-perhatikan/
The Report Company. How students are being prepared for Society 5.0, an article. Japan: Intelligence on Global Japan. Adopted from page: https://www.globaljapan.world/article/japan-leads-world-in-education-for-society-5-0/
Susi Indriyani, mahasiswi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Unnes sebagian atau seluruh artikel ini telah diterbitkan di : https://smol.id/2019/12/17/memajukan-inovasi-pembelajaran-di-era-society-5-0/© 2020 - Suluh Media Network
Thiagarajan, D.S. Semmel dan M. I. Semmel, Instructional Development for TrainingTeachers of Exceptional Children: A Sourcebook, (Washington, D. C: National Center for improvement of Educational Systems DHEW/OE, 1974
Wibowo, Agus dan Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.