Penanaman Karakter Disiplin Dan Keterampilan Bahasa Arab Melalui Pembiasaan Membaca Juz Amma

  • Weni Marina Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah ibtidaiyah UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: pembelajaran bahasa arab, membaca, karakter disiplin

Abstract

Tujuan pendidikan nasional kepada siswa adalah untuk menanamkan karakter yang mendidik. Arti sebuah karakter adalah sifat yang asli dari dalam diri, dari dalam jiwa yang berbeda dengan manusia lain. Usaha-usaha sekolah untuk menanamkan karakter yang baik banyak dengan cara. Di MI Al-Ikhlash Surabaya melaksanakan sebuah program beragama untuk menanamkan karakter siswa disiplin serta lancar membaca bahasa arab melalui pembiasaan membaca juz amma di awal pembelajaran. Beberapa rumusan dan tujuan masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui proses pembiasaan membaca juz amma di MI Al-Ikhlash Surabaya dan 2) Untuk mengetahui hubungan antara karakter disiplin dan keterampilan bahasa arab melalui pembiasaan membaca juz amma. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah interview, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan saat pembelajaran semester genap tahun ajaran 2020/2021, dengan subjek dari kepala madrasah, guru kelas V dan siswa kelas V. setelah mendapatkan data yang terkumpul akan dilakukan menganalisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan simpulan. Penelitian ini akan membuktikan bahwa melalui pembiasaan membaca juz amma dapat membentuk karakter disiplin dan terampil membaca bahasa arab dengan lancar.

References

Ulfatin, Nurul. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Rahmawati, Devi dkk. Penanaman Karakter dan peningkatan Hafalan Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Juz ‘Amma Kelas III Di SDN BAngunsari Pacitan Tahun Ajaran 2019/2020.
Muharom Albantani, Azkia. 2018. Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Ide Terobosan. Attadib Journal Of Elementary Education. Vol. 2. No. 2.
Munawwaroh dan Samsul Arifin, Lailatul. 2018. Budaya Membaca Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di MI Ma’arif Gondosuli Muntilan. Jurnal Abdau : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 1. No. 2.
Saihu. 2020. Peran Hafalan Alquran (Juz’amma) (Studi Tentang Korelasi Antara Menghafal Alquran Dengan Hasil Belajar Alquran Hadis Di Sdit Al-Musyarrofah Jakarta). Kordinat Vol. XIX. No.1.
Nur A’izah Amaliyah, Evi Dkk. 2020. Penguatan Karakter Religius Melalui “Program Literasi” Awal Pelajaran Pada Siswa Kelas VIII B SMP Nu Bululawang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 5 No. 5.
Samrin. 2016. Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 9. No.1.
Ika Ernawati, “Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015, G-Couns Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol. 1, No. 1, (2016), 5
Hasma, Dkk. Meningkatkan Keterampilan Membaca Epermulaan Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec. Bungku Timur. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1.
Kucirkova, Natalia etc. 2021. An empirical investigation of parent-child shared reading of digital personalized books. Vol. 105 Norwe. diakses https://pdf.sciencedirectassets.com/271935/1-s2.0-S0883035520X00061/1 27 Juni 2021.
Hastuti Dan Nia Agus Lestari, Sunu. 2018. Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di SD Sukorejo Kediri. Basa Taka, Vol. 1 No. 2.
Wahyudi, Dinn dkk. 2006. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1, No. 1.
Achmadi. 2005. Idielogo Pendidikan Islam. Yogyakakarta : Pustaka Pelajar.
Samani dan Hariyanto, Muchlas. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Published
2022-03-03