Analisis Kesulitan Membaca Siswa Pada Kelas Rendah Di SDI Darul Falah 2 Samarinda Utara

  • Hani Subakti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Muhammad Ikhsan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Andi Alif Tunru Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Saldam Saldam Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Keywords: kesulitan membaca, siswa kelas rendah

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Darul Falah 2 Samarinda Utara. Tujuan penelitian adalah mengetahui kesulitan membaca siswa di SD Islam Darul Falah 2 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2020/2021. Adapun yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa, guru, dan orang tua siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Untuk uji keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi sumber. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian (1) pada siswa kelas I masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca yang disebabkan oleh (a) lambat memahami suatu kata dan belum bisa menyambungkan kata menjadi kalimat, meskipun demikian siswa tersebut sudah bisa mengeja, (b) kurangnya fokus pada diri siswa dan keinginan belajar yang rendah. (2) Pada siswa kelas II terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca yang disebabkan oleh (a) belum terlalu lancar dalam merangkai kata menjadi kalimat, (b) kurangnya perhatian dari orang tua siswa, dan (c) masih belum lancar dalam menyambungkan kata menjadi kalimat. (3) Pada siswa kelas III terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca yang disebabkan oleh (a) terkendala pada penglihatan dan berbicara yang masih terbata-bata sehingga menghambat dalam kegiatan membacanya, (b) kurangnya perhatian dari orang tua siswa. Di sisi lain orang tua memiliki peran yang sangat penting. Ini dikarenakan pembelajaran dilaksanakan secara dalam jaringan yang membutuhkan kehadiran orang tua sekaligus manjadi guru bagi anak ketika di rumah dalam membimbing anak belajar membaca.

Author Biography

Hani Subakti, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
Dosen tetap yayasan di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

References

Anggianita et al. (2020). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research 1(2):177–82.

Anggraeni, Wulan, Sri, and Yayan Alpian. (2020). Membaca Permulaan Dengan Teams Games Tournament (TGT). Pasuruan: Qiara Media.

Cecep, H. et al. (2021). Manajemen Supervisi Pendidikan. Medan. Yayasan Kita Menulis.

Ermanto. (2019). Keterampilan Membaca Cerdas. Depok: RajaGrafindo Persada.

Kholifah, N. et al. (2021). Inovasi Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishare.

Panggabean, S. et al. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Purba, S. et al. (2021). Teori Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ramadhani, R. F. et al. (2021). Pendidikan Kewirausahaan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ramadhani, Y. R. et al. (2021). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Subakti, H. (2019). 8 Konsepsi Landasan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Parepare: Kaaffah Learning.

Subakti, H. (2019). 2 Jurus Jitu Menulis Tugas Akhir dan Skripsi. Banyumas: Pena Persada.

Subakti, H. et al. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Subakti, H. et al. (2021). Asas Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Subakti, H. et al. (2021). Inovasi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-11-04