Aplikasi Metode Pembelajaran PAI dalam Konsep Ulul Ilmi

  • Aam Abdussalam Universitas Pendidikan Indonesia
  • Udin Supriadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhamad Parhan Universitas Pendidikan Indonesia http://orcid.org/0000-0002-9722-4566
  • Nurti Budiyanti Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Ulul Ilmi., Islamic Education

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memformulasikan aplikasi metode pembelajaran PAI dalam konsep Ulul Ilmi. Melihat kenyataan dunia pendidikan yang pembelajarannya semakin jauh dari ruh Islam, saatnya pendidik kembali mengformulasikan metode pembelajaran yang tepat bersumber dari Al-Qur’an sebagai bimbingan Allah untuk mencapai tujuan fitrah diciptakannya manusia sebagai hamba Allah. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur (studi pustaka). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep Ulul Ilmi yang terdapat dalam Qs. Ali-Imran ayat 18 ini didukung dengan pengkajian terhadap ayat lainnya seperti Qs. Al-Mujadillah ayat 11, Qs. Fatir ayat 28, Qs. Al-Maidah ayat 8, sehingga merumuskan tiga metode pembelajaran Qur’ani yakni metode Uswāḥ ḥasanaħ, metode ‘Ibraħ Maw’iẓaħ, dan metode Targib-Tarhib.  Adapun aplikasi metode pembelajaran Qur’ani yang diambil dari konsep Ulul Ilmi yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di dalam ruang kelas menggunakan pendekatan teacher center, mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang telah didesain dari mulai tahapan pra instruksional sampai tahapan instruksional di dalam ruang kelas. Pendidik perlu menyajikan persiapan yang lebih matang dalam menyampaikan materi melalui metode Uswāḥ ḥasanaħ, metode ‘Ibraħ Maw’iẓaħ, dan metode Targib-Tarhib dengan berbagai variatif teknik dan taktik agar dapat mencapai tujuan pebelajaran yang diharapkan dapat membentuk generasi Ulul Ilmi.

Author Biography

Muhamad Parhan, Universitas Pendidikan Indonesia
Departemen Pendidikan Umum

References

Abdussalam, A. (2011). Paradigma tauhid: kajian paradigma alternatif dalam pengembangan ilmu dan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 9(2), 113–126.

Abdussalam, A. (2017). Pembelajaran dalam Islam (pp. 247–258).

Abdussalam, A., & Supriadi, U. (2020). Pengembangan Model Ulul Ilmi dalam Pembelajaran PAI untuk Pembentukan Karakter Mahasiswa Era Revolusi Industri 4 . 0 Pendahuluan. 15(02), 243–250. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i02.529

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 13(1), 25–38.

Ambiya, I. (2020). Konsep Wahyu Dalam Menguatkan Jiwa Nabinya : Studi Kajian Surat Al-Muzammil 1-10. Khazanah Pendidikan Islam, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.15575/kp.v2i1.7702

Arif, M. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an (Studi QS Luqman: 12-19) [Character Education Values in Holy Qur’an (Study of Surah Luqman: 12-19]. Irfani.

Aziz, A. A., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., Budiyanti, N., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., Hasanah, A., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., & Mauidzah, I. (2020). PENGEMBANGAN MODEL IBRAH MAUIDZAH DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA. 4, 46–55.

Budiyanti, N., Ahmad, N., Suhartini, A., & Parhan, M. (2021). The Development of Post-Modern
Islamic Boarding Schools ( Case Study at IHAQI Creative Pesantren in Bandung ). 13(1), 73–84. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.584

Budiyanti, N., Aziz, A. A., & Hasanah, A. (2021). KOMPETENSI RÉLIGIUS BERKARAKTER ŪLŪL ‘ ILMI BAGI GURU. 6(1), 131–156.

Budiyanti, N., Aziz, A. A., Suhartini, A., Ahmad, N., & Prayoga, A. (2020). Konsep Manusia Ideal: Tinjauan Teologis Dan Pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 43–67. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i2.6962

Budiyanti, N., Aziz, As. A., & Palah. (2020). THE FORMULATION OF THE GOAL OF INSAN KAMIL AS A BASIS FOR THE. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(2), 1–10.

Budiyanti, N., Rizal, A. S., & Sumarna, E. (2016). IMPLIKASI KONSEP ŪLŪL ‘ILMI DALAM AL-QUR`ĀN TERHADAP TEORI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Terhadap Sepuluh Tafsīr Mu’tabarah). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3459

Efendi, S., Lubis, S. A., & Nasution, W. N. (2018). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan. EDU RILIGIA Journal, Vol 2(No 2), 265–275.

Firmansyah, M. I. (2017). Program Pembudayaan Terpadu Dalam Membina Karakter Islami Pada Siswa Sekolah Dasar Sebagai Implementasi Kurikulum “Bandung Masagi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam - Ta’lim, 15(2), 91–97.

Hartati, A. S. (2015). Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 87. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i1.323

Jannah, M. (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178

Koller, J. M. (2004). From the Prophet to the Present: An Historical Approach to Understanding Islam. The Journal of Comparative Asian Development. https://doi.org/10.1080/15339114.2004.9678391

Nasution, E. (2013). Problematika pendidikan di indonesia. Edu-Bio, 4, 1–10.

Ningsih, S., Jurusan, A., Agama, P., Fakultas, I., Iain, K., Banten, S. M. H., Mts, V., Karakter, T. P., Karakter, P., & Siswa, A. (2016). Kontribusi Pendidikan Karakter Terhadap Akhlak Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tangerang. Studi DIDKATIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 130–142.

Nurdin, A. (2016). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Information and Communication Technology. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 49. https://doi.org/10.19105/tjpi.v11i1.971

Parhan, M. (2018). KONTEKSTUALISASI MATERI DALAM PEMBELAJARAN. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 7–18.

Parhan, M., Islamy, M. R. F., Budiyanti, N., Nugraha, R. H., & Hyangsewu, P. (2020). Responding to Islamophobia by Internalizing the Value of Islam Rahmatan Lil Alamin through Using the Media. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 6(2), 139–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/islam_realitas.v6i2.3695

Purwanto, Y. (2015). Ajaran Al-Qur ’ an Dalam Membentuk Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(1), 17–36.

Rizal, A. S., & Abstrak. (2014). PERUMUSAN TUJUAN SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim.

Saproni. (2015). Metode Pengajaran Nabi Saw, Dan Contoh Aplikasinya Dalam Pengajaran Kelas Mata Kuliah Al Islam Di Universitas Islam Riau. Al Munawwarah, 01(01), 1–15. https://doi.org/10.5281/zenodo.1184240

Sodiman. (2014). Menghadirkan Nilai-nilai Spritual Tasawuf dalam Proses Mendidik. Jurnal Al-Ta’dib.

Syah, M., Supiana, Arifin, B. S., & Erihadiana, M. (2013). Pembelajaran Agama Islam Melalui Media Sosial Dalam Mengembangkan Toleransi Beragama. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Tafsir, A. (2010). Paradigma Pendidikan Islam. Livestock Research for Rural Development. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827
Published
2021-11-01