Persepsi Orang Tua Siswa Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai persepsi yang muncul di kalangan orang tua siswa sekolah dasar terkait dengan pembelajaran online. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Responden terdiri dari 34 orang tua siswa sekolah dasar di swasta dan negeri Kabupaten Tangerang yang dipilih secara purposive sampling dari 132 responden. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner dengan Skala Likert serta wawancara kepada beberapa responden. Uji validitas dan reliabilitas kuesioner menggunakan uji Product Moment Pearson Correlation serta Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang tua siswa sebesar 78% memberikan tanggapan negatif karena pembelajaran online kurang efektif dan sulit diakses. Namun, 83% orang tua bersedia mendampingi anak mereka hingga selesai pembelajaran. Dari hasil wawancara, orang tua berpendapat bahwa anak mereka tidak termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Anak malah jenuh karena hanya berhadapan dengan laptop tanpa adanya interaksi dengan siswa lainnya. Selain itu, kurangnya sarana penunjang menjadi salah satu alasan kurang efektifnya pembelajaran online. Namun, orang tua tetap berupaya memfasilitasi siswa dalam pembelajaran online yang terlihat dari perolehan persentase sebesar 59% dari responden. Secara keseluruhan, 52% orang tua merasa bahwa pembelajaran online dapat menjadi alternatif pembelajaran di masa Pandemi Covid-19.
References
Ain, N., Novianti, R., Solfiah, Y., & Puspitasari, E. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Orang Tua Anak Usia Dini di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Riau. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138.
Hamidy, A. (2021). Zoom Meeting vs Google Classroom : Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Platform Pembelajaran Daring. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 61–68.
Husain, B., Kofia, M. I., Basri, M., & Mahmud, N. (2020). Parents’ Perception on Implementing E-Learning During New Normal Era At Rural School. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 429. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.845
Jones, G.A. & Thornton, C.A. (1993). “Vygotsky Revisited: Nurturing Young Chilfren’s Understanding of Number”, Focus on Learning Problems in Mathematics. 15, 18–28.
Kemendikbud. SURAT EDARAN NOMOR 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBERAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19). , Pub. L. No. NOMOR 4 TAHUN 2020, 3 (2020).
KPAI. (2020). KPAI: Pembelajaran Jarak Jauh Minim Interaksi. Retrieved August 21, 2020, from https://www.kpai.go.id/berita/kpai-pembelajaran-jarak-jauh-minim-interaksi
Kusumastuti, F. A., & Priatna, B. A. (2020). Mathematics Literacy and Storytelling. International Conference on …, 2, 1533–1541. Retrieved from http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/780
L.S. Vygotsky, M. C. (1978). Mind in Society.
Lutfi, M. K., Juandi, D., & Jupri, A. (2021). Students’ ontogenic obstacle on the topic of triangle and quadrilateral. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012108
Lutfi, Muh. Khaedir. (2020). Dilema Digitalisasi Pendidikan di Era Pandemi. In MENYAPA INDONESIA ESOK PASCA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) (pp. 184–192).
Lutfi, Muh. Khaedir, Darwis, M., Syam, H., & Prabawanto, S. (2020). The Effectiveness of Mathematics Learning with Contextual Approaches for The Topic of Straight Line Equation in Junior High. 2, 598–610.
Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490
Piaget, J. (1952). Play, Dreams and Imitation. Social and Personality Psychology Compass. https://doi.org/10.1080/21594937.2019.1580338
Rahimah, N. (2019). Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(1), 37–48. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i1.637
Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73–81. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804
Smith, S., Burdette, P., Cheatham, G., & Harvey, S. (2016). Parental Role and Support for Online Learning of Students with Disabilities: A Paradigm Shift. Journal of Special Education Leadership, 29(2), 101–112.
Solso, R. L. (1991). Cognitive psychology (Edisi 3). Boston: Allyn and Bacon.
Sugiyono, P. D. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, D. (2005). MODEL ANTISIPASI DAN SITUASI DIDAKTIS. 1–10.
Vygotsky, L. S., Cole, M., John-Steiner, V., Scribner, S., & Souberman, E. (1978). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=RxjjUefze_oC
WHO. (2020). Coronavirus disease 2019 ( COVID-19 ). 2019(April).
Zhou, L., Li, F., Wu, S., & Zhou, M. (2020). “School’s Out, But Class’s On”, The Largest Online Education in the World Today: Taking China’s Practical Exploration During The COVID-19 Epidemic Prevention and Control as an Example. Best Evidence of Chinese Education, 4(2), 501–519. https://doi.org/10.15354/bece.20.ar023