Fungsi Supervisi Kepala Unit Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) terhadap Kinerja Guru Al-Qur’an
Abstract
Tujuan artikel ini adalah untuk membahas bagaimana konsep supervisi, supervisi kepala unit, fungsi supervisi dalam pembelajaran, dan upaya peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala unit TPQ di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa supervisi pendidikan merupakan rangkaian proses kegiatan yang dilakukan guna memudahkan guru untuk mencapai tujuan pendidikan dengan mengelola proses pembelajaran dengan baik. Supervisi kepala unit merupakan sebuah proses dan upaya kepala unit TPQ untuk melakukan proses pembinaan yang profesional demi tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Fungsi supervisi dalam pembelajaran yaitu untuk membantu seorang guru untuk mengarahkan, melayani, memberikan pengarahan, membina, memotivasi, mengembangkan motivasi peserta didik yang disesuaikan dengan bakat dan kemampuan. Adapun upaya peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala unit TPQ dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pertemuan awal, observasi kelas, dan tindak lanjut. Tahapan-tahapan pada pertemuan awal terdiri dari penyusun jadwal supervisi, menentukan supervisornya, guru yang akan disupervisi. Tahapan selanjutnya tahapan yang kedua yaitu observasi kelas atau kelompok belajar yang terdiri dari dua macam teknik yaitu teknik langsung dan tidak langsung. Tahapan terakhir adalah tindak lanjut dimana tahapan tindak lanjut dalam supervisi dilakukan dengan pembinaan dan pemantapan instrumen.
References
Al-Achmad, Miqdad Ibrahim, Unang Wahidin, & Muhamad Priyatna. (2020). Upaya Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Rukun Warga (RW) 8 Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Tahun 2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 2(2):65–78.
Arianti, Artianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan 12(2):117–34.
Aripin, Jaenal. (2020). Manajemen Mutu Layanan Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Efektif. Jurnal Tahsinia 1(2).
Cecep, H., Hani Subakti, Muhammad Nurtanto, Sukarman Purba, Muhammad Hasan, Rasinus Sakirman, Dedi
Mulyadi, Donald Loffie Muntu, Iskandar Kato, & Karwanto Karwanto. (2021). Manajemen Supervisi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Danandjaja, James. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia.
Fathurrahmah, Nurulli, Moh Amin, & M. Shinwanudin. (2020). Pendampingan Standarisasi Guru Taman Pendidikan Al-Quran Melalui Pelatihan Metode Tilawati Berbasis Aset. Janaka, Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2):65–72.
Fauziah, Jihan Nur, and Rz Ricky Satria Wiranata. (2020). Pengaruh Supervisi Manajerial Terhadap Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di SD Islam Al Azhar Wonosari. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 3(2):25–41.
Ginting, Ribka. (2020). Fungsi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Edukasi Nonformal 1(2):88–93.
Hadi, Samsul. (2019). Supervisi Akademik Kunjungan Kelas Oleh Kepala Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru. FONDATIA 3(2):114–35.
Hamzah, Hamzah. (2021). Pelaksanaan Program Pembelajaran Di TK Pelangi Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal Al-Fatih 4(1):160–78.
Hanafiah, Muhammad Ali. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dan Supervisor. Hikmah 15(1):86–92.
Hardono, Hardono, Haryono Haryono, & Amin Yusuf. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management 6(1):26–33.
Hasanah, Miftahul Laili, & Muhammad Kristiawan. (2019). Supervisi Akademik Dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 3(2):97–112.
Hasbullah, Hasbullah, and Sarifa Suhra. (2021). Studi Tentang Prestasi Belajar PAI Alumni TK-TPA Pada Siswa SMP Pesantren Putri Al-Manawwarah Desa Panyili Kec. Palakka Kab. Bone. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam 4(1):1–24.
Herawati, Endang Sri Budi. (2019). Supervisi Dan Pengawasan Pendidikan (Studi Deskriptif Di SDIT Raflesia, Depok). SINAU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora 5(2):30–47.
Isdianto, Joko. (2017). Educational Programs Through Technologies Use by Open and Distance Learning System at Coastal Regions , Open Distance Learning Unit of Jember , East Jawa Provience , Indonesia ( Case S ... (August).
Jawhari, Abdul Jalil. (2021). Teknik Supervisi Satuan Pendidikan Islam. CERMIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara 1(1):41–45.
Junaidi, J. (2017). Supervisi Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkat-Kan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar Negeri 02 Sungai Rumbai Kabupaten Mukomuko. Annizom 2(3).
Kartika, K. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Mengelola Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Pontianak Tahun 2019/2020. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam 6(2).
Khair, K. (2019). Implementasi Supervisi Di Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA) Dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Di Kota Banjarmasin.
Kurniati, K. (2020). Pendekatan Supervisi Pendidikan. Idaarah 4(1):52–59.
Maimunah, M. (2020). Pendekatan dan Teknik Supervisi Pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban 8(1):85–122.
Markhamah, M. & Fathoni, A. (2017). Tindak Lanjut Supervisi Klinis Di SD Negeri Sabrang Lor No. 78 Surakarta.
Marnoko, M. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Melalui Pendampingan Untuk Meningkatkan Kompetensi Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual 5(3):400–405.
Milasari, M., Hasibuan, L., Anwar, K., Us, A., Wahyudi, H., & Saputra, H. (2021). Prinsip-Prinsip Supervisi, Tipe/Gaya Supervisi, Komunikasi Dalam Supervisi Pendidikan Dan Supervisi Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management 4(2):45–60.
Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mubarok, R. (2019). Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Rabwah XIII(1):27–44.
Mubarok, R. (2020). Manajemen Pembelajaran Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darus Sakinah Sangatta Utara. Al-Rabwah XIV(2):173–88.
Natsir, M. & Fadhilah, A. (2020). Pola, Prinsip, Dan Tugas Supervisi PAI. Education and Learning Journal 1(2):130–36.
Afrida, N. U. & Syaifudin, M. I. (2020). Upaya Kepala TPQ Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Di TPQ Muttaqien Kelurahan Sondakan Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020.
Prayitno, P. J. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMA. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 11(2):46–55.
Purba, S., Purba, P. B., Mawati, A. T., Imron, Z., Purba, S. R. F., Purba, P., Karwanto, K., Purba, D. S. & Chamidah, D. (2021). Administrasi Supervisi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Putri, S. S., and Wiyani, N. A. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru Di Taman Penitipan Anak (TPA) Sekar Purbalingga. ASGHAR: Journal of Children Studies 1(1):60–81.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.
Sidiq, U., Choiri, M. & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9).
Suharsimi, A. (2006). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Sukmawati, H. (2017). Fungsi Supervisi Pendidikan. Ash-Shahabah 3(2):143–49.
Susanto, R. & Syafrina, A. (2018). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar Pada Gugus 4 Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(3).
Syamsuddin, H. N. & Ferawati, D. T. (2019). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Vol. 12.
Tamam, B. (2018). Manajemen Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Islam Nurul Karomah Bangkalan. KABILAH: Journal of Social Community 3(1):64–80.
Teke, M. K. (2020). Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di SDI Maumere. Global Edu 3(2):270–78.
Thorir, M., Ismail, H., Asnawi, H. S., Rohmawati, A., & Maknun, M. N. Z. (2020). Pemberdayaan Guru TPA Dalam Pengembangan Baca Al-Quran Dengan Metode an-Nahdliyah Di Kecamatan Trimurjo. Jurnal Al-Qiyam 1(2):101–7.
Wenisa, K. & Syuraini, S. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai 4(3):2921–26.
Yasin, M. (2019). Sosiologi Pendidikan Sebagai Basis Manajemen Pendidikan Dalam Penguatan Karakter Siswa. Al-Rabwah 13(02):103–21.