Sikap Optimisme Peserta Didik dalam Pembelajaran Ekonomi secara Online di Masa Pandemi Covid-19

Keywords: Optimisime, Permanensi, Pervasive, Personalisasi, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap optimisme peserta didik dari dimensi permanensi, pervasive dan personalisasi dalam mengikuti pembelajaran ekonomi secara online di masa pandemi Covid-19 pada kelas XI SMA Negeri 11 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi, dan peserta didik Kelas XI IPS 1 dan Kelas XI IPS 2 sebanyak 25 orang. Pemilihan subjek ini dipilih atas pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data serta verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Sikap optimisme peserta didik dari dimensi permanensi berupa menanamkan nilai positif saat proses belajar misalnya selalu berpikir positif, percaya diri, merasa nyaman dan ekspresif  dalam pembelajaran ekonomi secara online; 2) Dimensi pervasive ditunjukkan peserta didik berupa adanya prasangka negatif sehingga timbul pesimisme, bingung, rasa takut tidak menguasai materi dalam mengikuti pembelajaran ekonomi secara online; 3) Dimensi personalisasi menunjukkan peserta didik dalam pembelajaran ekonomi secara online cenderung lebih menyukai pembelajaran tata muka karena tidak membosankan, bisa bertukar pikiran langsung dengan temannya, tanya jawab langsung dengan guru, percaya diri secara emosional dari adanya interaksi langsung dengan warga sekolah.

References

Barratt, J. M., & Duran, F. (2021). Does psychological capital and social support impact engagement and burnout in online distance learning students? The Internet and Higher Education, 51, 100821. https://doi.org/10.1016/J.IHEDUC.2021.100821

Budiningsih. (2014). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Carver, C., Pozo, C., Harris, S., Noriega, V., & Scheier, M. (1999). How coping mediates the effect of optimism on distress: a study of women with early stage breast cancer. https://psycnet.apa.org/record/1999-04306-005

Chemers, M. M., Hu, L. T., & Garcia, B. F. (2001). Academic self-efficacy and first year college student performance and adjustment. Journal of Educational Psychology, 93(1), 55.

Cozzarelli, C. (1993). Personality and self-efficacy as predictors of coping with abortion. Journal of Personality and Social Psychology, 65(6), 1224.

Erlanda, M., Sulistyarini, S., & Syamsuri, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 310–318. https://doi.org/10.26618/EQUILIBRIUM.V9I3.5920

Fadilla Putri, Dewi, K., & Djumadiono. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Profit, Volum 1, Nomor 01, 1(1), 63–77.

Goleman, D. (2014). Emotional intelligence (kecerdasan emosional). PT Gramedia Pustaka Utama.

Gürol, M., & Kerimgil, S. (2010). Academic optimism. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 929–932. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2010.12.261

Istiqomah, & Prastuti, E. (2020). Student Optimism Regarding Online Learning During the Covid-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 2020, 187–194. https://doi.org/10.18502/KSS.V4I15.8204

Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Jumrah, J., Syahrudin, H., & Syamsuri, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kombinasi Google Classroom dan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Akibat Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XI RPL Di SMK Koperasi Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/49644

Kamal, K, Devilla, R., & Alang, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Edmodo Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Pangkep. Guru Membangun, 40(1), 12–17.

Kurniati, L., & Umar Fakhruddin, A. (2018). Pengaruh Optimisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL, 1(1), 115–120.

Makarima, M. M. (2019). Pemanfaatan aplikasi daring media sosial WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa arab berbasis ICT (Information and communication technologies). Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh), 05(02), 135–142.

Mali, D., & Lim, H. (2021). How do students perceive face-to-face/blended learning as a result of the Covid-19 pandemic? The International Journal of Management Education, 19(3), 100552. https://doi.org/10.1016/J.IJME.2021.100552

McBride-Chang, C., & Ho, C. S. H. (2000). Developmental issues in Chinese children’s character acquisitio. Journal of Educational Psychology, 92(1), 50.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Ningsih, S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK Kelas XI IPS 2 DI SMA Negeri I SUMENEP Kabupaten …. Estetika: Jurnal Pendidikan …, I(2), 90–108.

Nurjanah, N., Syamsuri, S., & Purnama, S. (2021). Pemanfaatan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru PPKN Kelas XI IPA III dan IV SMA Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 118–123. https://doi.org/10.52060/MP.V6I2.589

Prayitno, S. H., & Ayu, S. M. (2017). Hubungan Optimisme Masa Depan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Ajar Bahasa Inggris Mahasiswa Semester 1 Prodi DIII Keperawatan Rustida Tahun Ajaran 2016-2017. Insight: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 13(2), 80–95.

Pujiasih. (2020). Membangun Generasi Emas dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42 – 48–42 – 48. https://doi.org/10.51169/IDEGURU.V5I1.136

Rosada, A., & Partono, P. (2020). Sikap Optimis Dimasa Pandemi Covid-19. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 112–126. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3889

Sangster, A., Stoner, G., Education, B. F.-A., & 2020, undefined. (2020). Insights into accounting education in a COVID-19 world. Taylor & Francis, 29(5), 431–562. https://doi.org/10.1080/09639284.2020.1808487

Scheier, M. F., Matthews, K. A., Owens, J. F., Magovern, G. J., Lefebvre, R. C., Abbott, R. A., & Carver, C. S. (1989). Dispositional optimism and recovery from coronary artery bypass surgery: the beneficial effects on physical and psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1024–1040. https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1024

Silalahi, E. R., Gunara, S., & Gunawan, I. (2021). Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Seni Budaya Oleh Mahasiswa Program Pengenalan Pengalaman …. SWARA-Jurnal Antologi …, 1(3).

Syamsuri, S. (2019). Analisis Konsep Theory of Planned Behavior Terhadap Pembelajaran Wirausaha dan Pendidikan Ekonomi Keluarga Pelaku UMKM. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 101–113. https://doi.org/10.36706/jp.v6i2.9795

Widya, D. N. (2011). Hubungan Antara Optimisme Dan Coping Stres Pada Mahasiswa Ueu Yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 9(01), 126155. https://doi.org/10.0/CSS/ALL.CSS

Yang, B., & Huang, C. (2021). Turn crisis into opportunity in response to COVID-19: experience from a Chinese University and future prospects. Studies in Higher Education, 46(1), 121–132. https://doi.org/10.1080/03075079.2020.1859687

Zhao, F.-F. (2022). The association of loneliness, mindfulness, and optimism with self-directed learning among nursing students in China: A cross-sectional study. Journal of Professional Nursing, 38, 65–73. https://doi.org/10.1016/J.PROFNURS.2021.11.009
Published
2022-03-15