Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Budaya Kerja di MIN 2 Samarinda

  • Indriana Rahmawati UIN Sultan Aji Muhammad Idris https://orcid.org/0000-0002-7096-4775
  • Muhammad Nasir UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • M. Azzam Zein Haq UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Gya Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Budaya Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap budaya kerja di MIN 2 Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian terdiri dari 50 staff dan guru sebagai objek penelitian. Dalam pengambilan sampel menggunakan keseluruhan populasi sebagai sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen angket digunakan untuk memperoleh data variabel X (gaya kepemimpinan kepala sekolah) dan data variabel Y (budaya kerja), adapun dokumentasi digunakan untuk menguatkan data penelitian. Hasil pengumpulan data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, diperoleh persamaan regresi Ŷ = 43.773+0,540X. Diperoleh nilai R sebesar 0, 646 berada posisi “kuat” dengan interpretasi antara 0,60 - 0,799. t hitung (5,872) > t tabel (1,677) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap budaya kerja di MIN 2 Samarinda. Nilai R Square (R2 ) menunjukan sebesar 41,7% sedangkan 58,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya.

References

Abi Hamid, M., Widyastuti, A., Firdaus, E., Chamidah, D., Tanjung, R., Sari, R. N., Musyadad, V. F., Karwanto, K.,
Kato, I., & Cecep, H. (2021). Pengelolaan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Asnawi, S. (1999). Semangat kerja dan gaya kepemimpinan. Jurnal Psikologi, 26(2), 86–92.

Bush, T. (2008). Leadership and management development in education. Sage.

Conger, J. A. (1994). Spirit at work: Discovering the spirituality in leadership. Citeseer.

Gaol, N. T. L. (2017). Teori dan implementasi gaya kepemimpinan kepala sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213–219.

Iszatt-White, M., & Saunders, C. (2017). Leadership. Oxford University Press.

Jackson, B., & Parry, K. (2011). A very short fairly interesting and reasonably cheap book about studying leadership. Sage.

KMA Nomor 582. (2017). Perubahan atas KMA Nomor 447 TAhun 2015 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Kementrian Agama Tahun 2015-2019.

Kurniadin, D., Machali, I., & Sandra, M. (2013). Manajemen pendidikan: Konsep & prinsip pengelolaan pendidikan.

Marmoah, S. (2016). Administrasi dan supervisi pendidikan teori dan praktek. Deepublish.

Marzali, A. (2014). Pergeseran Orientasi Nilai Kultural dan Keagamaan di Indonesia (Sebuah Esai dalam Rangka Mengenang Almarhum Prof. Koentjaraningrat). Antropologi Indonesia.

Mattayang, B. (2019). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 2(2), 45–52.

Mulyadi, H. (2017). Implementasi 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama dalam meningkatkan kinerja pegawai Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat. [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung.

Nurdin, T. Y. (2019). Implementasi lima nilai budaya kerja Kementerian Agama Republik Indonesia di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Bandung [PhD Thesis]. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nurhidayati, R. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Konsep Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 2(1).

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150–162.

Sari, D. P. (2013). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Mutu Pendidikan Di Gugus Rama 2 Upt Disdikpora Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. 2, 13.

Siahaan, A., Zen, W. L., & Mahidin, M. (2012). Administrasi Satuan Pendidikan (Pendekatan Sistemik Dalam Pengelolaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan Pada Satuan Pendidikan).

Sopaheluwakan, N., Limbong, M., & Kailola, L. G. (2020). Hubungan Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Kerja Dengan Kinerja Guru Sma Negeri 1 Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 102–118.

Utaminingsih, A. (2014). Perilaku Organisasi: Kajian Teoritik & Empirik Terhadap Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Kepercayaan dan Komitmen. Universitas Brawijaya Press.

Woods, P. (2005). Democratic leadership in education. Sage.

Yunus, A. L. (2009). Leadership model: Konsep dasar, dimensi kinerja, dan gaya kepemimpinan. UIN-Maliki Press.
Published
2022-03-22