Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berorientasi HOTS Era Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyyah Kalimantan Timur
Abstract
Paradigma pembelajaran abad 21 yang memiliki karakteristik multitasking, multimedia, dan pencarian informasi secara online, disatu sisi menjadi tren positif dari masifnya digitalisasi pendidikan, namun di sisi lain memunculkan kritik dan tak jarang mengundang polemik terhadap suburnya demoralisasi dikalangan siswa. Oleh karena itu, pemerintah terus meningkatkan program penguatan pendidikan karakter melalui pendidikan dan pembelajaran di sekolah dan madrasah. Guru dituntut mampu mengintegrasikan pembelajaran yang berorientasi pada pendidikan karakter dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Masalah pembentukan karakter hari ini dipengaruhi oleh sistem pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19 yang kurang mendukung dalam proses pembiasaan karakter. Kajian ini ingin melihat implementasi penguatan pendidikan karakter berorientasi HOTS era Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyyah Kalimantan Timur melalui pendekatan studi kasus. Hasil kajian menemukan fakta bahwa di era Covid-19 interaksi antara guru-siswa dan antara siswa dengan siswa menjadi terbatas sehingga kurang ada ruang dalam melakukan pembelajaran berbasis karakter berorientasi HOTS. Selain itu fokus guru dalam pembelajaran online lebih sebatas penyampaian materi pelajaran dan kurang dapat mengeksplore pembelajaran karakter berorientasi HOTS, hal ini dipengaruhi karena pembelajaran online yang terbatas dari sisi waktu, aplikasi, minat siswa, serta minimnya bimbingan orang tua.
References
Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., & Bloom, B. S. (2001). Revised Bloom’s Taxonomy. In A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.
Baxter, P., & Jack, S. (2015). Qualitative Case Study Methodology: Study Design and Implementation for Novice Researchers. The Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2008.1573
Haleem, A., Javaid, M., & Vaishya, R. (2020). Effects of COVID-19 pandemic in daily life. Current Medicine Research and Practice, 10(2). https://doi.org/10.1016/j.cmrp.2020.03.011
Hamidy, A., Jailani, J., & Rahman, F. (2020). The Effect of National Examination and Curriculum on Students’ Performance in Solving TIMSS Model Mathematics Problems. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 8(1), 1-11.
Henriksen, D., Mishra, P., & Fisser, P. (2016). Infusing creativity and technology in 21st century education: A systemic view for change. Educational Technology and Society, 19(3).
Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2). https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109
Lapsley, D., & Woodbury, R. (2016). Moral-Character Development for Teacher Education. Action in Teacher Education, 38(3). https://doi.org/10.1080/01626620.2016.1194785
Lexy, J. M. (2001). Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Miles and Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (H. Salmon (ed.); Edition 3). SAGE Publications.
Milles, M. B., Saldana, J., & Huberman, M. A. (1994). SAGE: Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook: Third Edition. In Qualitative Data Analysis:
Muhammad Nasir, Saifun Nizar Alkhury, M. K. R. (2021). DESAIN MODEL BAHAN AJAR BERBASIS ELEKTRONIK DAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) KELAS BAWAH DI INDONESIA. FENOMENA: Jurnal Penelitian, 13(1), 1–24. https://doi.org/http://doi.org/10.21093/fj.v0i01.3085
Musfiqi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9063
Nasir & Rijal. (2020). MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM: Pengantar Teoritis dan Praktis. CV. Bo’ Kampong Publishing (BKP).
Nasir & Rijal. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER ERA COVID-19 BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KALIMANTAN TIMUR. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris.
Patton, M. Q. (1990). Designing qualitative studies. In Qualitative evaluation and research methods.
Paul M. Muchinsky. (2012). Psychology Applied to work: An Introduction to Industrial ans Organizational Psychology, Tenth Edition Paul. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9).
Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 85–92.
Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Educaional Journal), 4(1), 109–118.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuaalitatif, Kuantitatif dan Research and Development,. Bandung: Alfabeta.
Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Soal untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa. Jurnal Gantang, 5(2), 143–150. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2518
Tim May. (1999). Social Research Issue, Methods and Process (second Edi). Philadelphia; Open University Press Buckingham.
UNESCO Rallies International Organizations. (2020). Civil Society and Pri vate Sector Partners in a Broad Coalition to Ensure #LearningNeverStops. UNESCO. https://en.unesco.org/news/unesco-rallies-international-organizations-civil-society-an d-private-sector-partners-broad.
Was, C. A., Woltz, D. J., & Drew, C. (2006). Evaluating character education programs and missing the target: A critique of existing research. Educational Research Review, 1(2). https://doi.org/10.1016/j.edurev.2006.08.001
Widodo T dan Sri Kadarwati. (2013). Higher Order Thinking Skills Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, 1, 161-171.
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168