Interactive Learning Application: Exploring World Islamic Figures through Multimedia

  • Andi Yusika Rangan STMIK Widya Cipta Dharma
Keywords: Metode R&D, Model ADDIE, Aplikasi Pembelajaran Interaktif

Abstract

Aplikasi pembelajaran interaktif semakin populer dalam beberapa tahun terakhir karena kemampuannya menghadirkan pengalaman belajar yang dinamis dan imersif. Aplikasi ini mengintegrasikan elemen gamifikasi, simulasi, dan realitas virtual untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih partisipatif dan menarik. Selain itu, aplikasi ini dapat menyesuaikan berbagai metode dan preferensi belajar, sehingga cocok untuk digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Aplikasi pembelajaran interaktif memungkinkan pemberian umpan balik dan evaluasi secara real-time, yang membantu pendidik memantau kemajuan siswa dan menyesuaikan materi sesuai kebutuhan. Penerapan gamifikasi melalui insentif, tantangan, dan pemantauan kemajuan terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar.

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Tahap implementasi mencakup pengkodean, pengujian, dan penyempurnaan untuk memastikan aplikasi berjalan lancar. Model ADDIE membantu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam fungsionalitas sistem sebelum produk dirilis. Dalam studi ini, aplikasi pembelajaran interaktif dirancang untuk memperkenalkan tokoh-tokoh Islam dengan pendekatan yang menarik dan informatif, dilengkapi fitur kuis interaktif, latihan audio, dan alat pelacakan kemajuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan dapat meningkatkan minat belajar sejarah Islam, khususnya bagi pelajar dan masyarakat umum yang memerlukan sumber belajar yang mudah diakses.

Published
2024-10-28