Pengaruh Pembelajaran Microteaching Secara Daring Terhadap Kesiapan Mengajar pada Mahasiswa IAIN Samarinda

  • Mustamin Mustamin IAIN Samarinda
  • Muh. Yamin IAIN Samarinda
  • Oksa Nur Ichwana IAIN Samarinda
Keywords: Micro Teaching, Kesiapan Diri, Praktik Kerja Lapangan

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran micro teaching pada mahasiswa PBA tahun 2018 IAIN Samarinda dilaksanakan secara daring. Dalam pelaksanaannya terdapat mahasiswa yang merasa gugup dan cemas bahkan tidak ada persiapan dalam melaksanakan praktik micro teaching sehingga kurang maksimal dalam melaksanakannya. Menurut Zainal Asril, pembelajaran micro teaching merupakan bagian dari Program Pengalaman Lapangan. Sehingga tentunya pembelajaran micro teaching menjadi salah satu unsur kesiapan diri dalam melaksanakan praktik kerja lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik sampling yaitu sampel jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 62 mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab tahun 2018 UINSI Samarinda yang telah menyelesaikan pembelajaran micro teaching secara daring dan telah menyelesaikan praktik kerja lapangan. Dengan instrumen penelitian yakni angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran micro teaching secara daring dan kesiapan diri melaksanakan PKL tercapai dengan baik. Dan berdasarkan analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel pembelajaran micro teaching secara daring terhadap variabel kesiapan diri melaksanakan PKL. Kemudian melalui uji koefisien korelasi diperoleh hasil bahwa nilai rhitung 0,675 > rtabel 0,254 dengan tingkat korelasi kuat dengan bentuk hubungan positif. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada variabel pembelajaran micro teaching secara daring terhadap kesiapan diri melaksanakan praktik kerja  lapangan pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab UINSI Samarinda tahun 2018

References

المجيد، حذيفة مازن عبد ومزهر شعبان العاني. التعليم الالكتروني التفاعلي. عمان: مركز الكتاب اللأكاديمي. 2014.
بروان، جورج. "Microteaching: A Programm of Teaching Skills ", ترجمة., محمد رضا البغدادى وهيام محمد رضا البغدادى. "التدريس المصغر والتربية العملية الميدانية". القاهرة: دار الفكر العربي, 2005.

Asril, Zainal. Micro Teaching. Depok: Rajawali Pers. 2018.
E, Agung D. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. 2017.
Rahmat, Abdul. Pengantar Pendidikan. Gorontlo: Idead Publishing. 2014.
Prayitno, Harun Joko, dkk. Desain & Pedoman Pembelajaran Mikro. Surakarta: Muhammdiyah University Press. 2019.
Sihotang, Hotmaulina dan Sahat T. Simorangkir. Buku Pedoman Praktik Microteaching. Jakarta: UKI Press. 2020.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2015.
Tim Penyusun. Buku Pedoman Praktik Kerja Lapangan (PKL) Online-Offline. Samarinda: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. 2021.
Jannah, Miftahul, dkk. “Kesiapan Diri Mahasiswa dalam Menghadapi Perkuliahan Daring”. Dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling edisi no. 3. Vol. V. 2020.
Published
2019-11-04