Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA

  • Maulidah Hasanah Universitas Jember
  • Supeno Supeno Universitas Jember
  • Diah Wahyuni Universitas Jember
Keywords: E-modul, Flip Pdf Professional, Keterampilan berpikir kreatif

Abstract

Berpikir kreatif merupakan keterampilan berpikir esensial yang ditunjukkan dengan kemampuan memberikan solusi dan memecah suatu masalah dengan cara mengkreasi suatu hal yang cenderung baru. Pengembangan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA hingga saat ini menjadi tantangan bagi guru. Kurangnya keterampilan berpikir kreatif siswa disebabkan kurangnya bahan ajar yang menunjang peningkatan keterampilan tersebut. Salah satu bahan ajar yang dapat menjadi alternatif adalah e-modul. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran IPA pada materi suhu dan perubahannya yang valid, praktis, dan efektif. E-modul dikembangkan menurut tahapan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan angket. Instrumen pengumpul data yang digunakan meliputi lembar validasi, soal tes, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul termasuk dalam kriteria valid sehingga layak diimplementasikan dalam pembelajaran IPA. Hasil implementasi pembelajaran menunjukkan bahwa e-modul termasuk dalam kriteria praktis dengan capaian kepraktisan sebesar 92.47%. E-modul termasuk dalam kriteria efektif dengan capaian N-gain sebesar 0.67 serta angket respon siswa dengan capaian nilai sebesar 70,02% keterangan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk e-modul yang telah dikembangkan dinyatakan layak diaplikasikan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA.* Berdasarkan hasil penelitian e-modul yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA di SMP khususnya pada materi suhu dan perubahannya. Sehingga e-modul yang dihasilkan pada penelitian ini dapat memperkaya sumber belajar, menjadi sumber referensi inovatif bagi guru dalam proses pembelajaran dan menunjang pembelajaran mandiri di sekolah.

References

Abubakar, Y.I. Tanjung, Z. Azhar, dan R. Prayogi. 2021. Implementasi Computer Based Test (CBT) Fisika Modelling Assesment Konseptual Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Media Sains Indonesia : Jawa Barat.

Ahmad, M., Rohani, A. U. Siregar, dan Sabri. 2022. Pendidikan Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kreativitas dan Komunikasi Matematika. Nasya Expanding Menegement : Jawa Tengah.

Arini, W., dan A. Asmila. 2017. Analisis kemampuan berpikir kreatif pada materi cahaya siswa kelas VIII SMP XA Verius Kota Lubuklinggau. SPEJ (Science and physics education journal). 1(1) : 23-38.

Arofah, H., dan R. Cahyadi. 2019. Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa. 3(1) : 35-43.

Atikah, N., dam A. Ramadhani. 2021. Meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran saintifik integrative pada mata pelajaran ilmi pengetahuan alam siswi kelas V di SD IT An-najiyah Pekanbaru. Jurnal pendiidkan tambusai. 5(1) : 999-1006.

Fitriyah, A., dan S. D. Ramadani. 2021. Pengaruh pembelajaran STEM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Perpektif mahasiswa. 10(1) : 209-226.

Hagi, A.F., dan Mawardi. 2021. Model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Edukatif : jurnal ilmu pendidikan. 3(2) : 463-471.

Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: a sixthousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. 66(1): 63-74.

Haking, D. D., dan Y. Soepriyanto. 2019, Pengembangan media video pembelajaran renang pada mata pelajaran PJOK untuk siswa kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 2(4) : 320-328.

Hamidy, A., & Jailani, J. (2019). Kemampuan proses matematis siswa Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133–149. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26679

Hamidy, A., & Merliza, P. (2019). The Influence of Achievement Motivation and Self-Regulated Learning (SRL) on Students’ Mathematics Learning Outcomes. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 87–100. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2047

Hartati, Fahrudin, dan N. Azmin. 2021. Penerapan pembelajaran berbasis masalah mata pelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jurnal ilmu sosial dan pendidikan (JISIP). 5(4) : 1770-1775.

Hasanuddin. 2017. Biopsikologi Pembelajaran- Teori dan Aplikasi. Syiah Kuala University Press : Banda Aceh.

Kartina, A.A., Suciati, dan Harlita. 2021. Keterampilan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII dalam memecahkan masalah pada materi zat aditif dan adiktif selama pandemi covid-19. Quantum : jurnal inovasi pendidikan sains. 12(2) : 150-160.

Kharisma, D.B. 2021. Membangun kerangka startup di Indonesia. Jurnal Rechtsvinding. 10(3) : 431-445.

Kurnia, A., Sukarmin, dan W. Sunarno. 2021. Profil kemampuan berpikir kreatif berpikir kreatif siswa menggunakan soal tes pilihan ganda pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Indonesian Journal of Education Sains (IJES). 4(1) : 27-32.

Mardhiyyah, L., Supeno, dan Z.R. Ridlo. 2022. Development of e-modules to improve scientific explanation skills ini science learning for junior high school students. Jurnal Pendidikan MIPA. 23(1) : 34-44.

Mulyadi, D.U., S. Wahyuni, R.F. Handayani. 2016. Pengembangan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal pembelajaran fisika. 4(4) : 296-301.

Nisa, H.A., Mujib, dan R.W.Y. Putra. 2020. Efektivitas e-modul dengan flip PDF professional berbasis gamifikasi terhadap siswa SMP. Jurnal pendidikan matematika raflesia. 5(2) : 13-25.

Noperman, F. 2022. Inovasi Pembelajaran : Dari Ide Kreatif di Kelapa Sampai Praktik Inovatif di Kelas. Laksbang Pustaka : Yogyakarta.

Purba, P.B., D. Chamidah, D.A.A.N.C. Saputro, M.M.J.P.H Lestari, Salamun, Suesilowati, I. Rahmawati, dan I. Kato. 2022. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yayasan Kita Menulis : Medan.

Puspita, I. A., S. Wahyuni, dan Yushardi. 2017. Pengembangan LKS (lembar Kerja Siswa) fisika berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan collaboration skills siswa di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6(4) : 376-382.

Putri, L.E., I. K. Mahardika, I. Wicaksono. 2021. Validitas e-modul pemanasan global berbasisi creative problem solving untuk siswa SMP kelas VII. OPTIKA : Jurnal pendidikan fisika. 5(2) : 152-161.

Ramadhan, N., dan Khairunnisa. 2021. Efektivitas penggunaan media pembelajaran big book subtema indahnya keberagaman budaya negeriku. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 8(1) : 49-60.

Reswita, C.D., dan W. Wiratsiwi. 2022. Pengembangan e-modul berbasis pendidikan karakter dengan menggunakan aplikasi flip PDF professional untuk siswa kelas IV sekolah dasar. SNasPPM. 7(1) : 407-413.

Riyanda, A.R., T. Agnesa, A. Wira, Ambiyar, S. Umar, dan U. Hakim. 2022. Hybrid learning : alternatif model pembelajaran di masa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu. 6(3) : 4461-4469.

Rojikin, M., Z. R. Ridlo, dan Supeno. 2022. Pengembangan e-modul untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa pada pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan. Sciences Education Journal (SEJ). 6(1) : 1-21.

Sari, A. P., S. Wahyuni, dan A.S. Budiarso. 2022. Pengembangan e-modul berbasis blended learning pada materi pesawat sederhana untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. SPEKTRA. 8(1) : 10-18.

Sari, E., Syamsurizal, dan Asrial. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis karakter pada mata pelajaran kimia SMA. Edu-Sains. 5(2) : 8-17.

Sembiring, W.S., I.G,W. Sudatha, dan A.H. Simamora. 2021. E-modul IPA memfasilitasi siswa menengah atas belajar mandiri. Jurnal teknologi pembelajaran Inodnesia. 11(1) : 26-39.

Silalahi, T.M., M.L. Girsang, dan M.B. Ginting. 2020. Peran Emosi Dalam Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Lakeisha : Jawa Tengah.

Swestyani, S., M. Masyuri, B.A. Prayitno. 2017. Pengembangan modul IPA berbasis creative problem solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Bio-pedagogi : jurnal pembelajaran biologi. 6(2) : 36-41.

Tyaningsih, R.Y., N.P. Wulandari, Junaidi, D. Hamdani, dan S. Putranto. 2020. The effect of group mentoring learning on student’s creativity in solving partial differential equations problems. Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika (SEMADIK) 1778(2021) : 9-13 oktober 2022. The electrochemical Society : 1-8.

Wahyuliani, D., M. Danial, dan W. Sanusi. 2022. Pengembangan e-modul pada materi koloid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Chemistry Education Review. 5(2) : 207-215.

Wulandari, F.A., Mawardi, dan K.W. Wardani. 2019. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas 5 menggunakan model mind mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(1) : 10-16.
Published
2023-01-14