Implementation Of Strengthening The Profile of Rahmatan Lil Alamin Students in the Religious Extracurricular Curriculum at MA Muhammadiyah Medan

  • Fadlin Fajri State Islamic University of North Sumatra Medan
  • Siti Halimah State Islamic University of North Sumatra Medan
  • Yusnaili Budianti State Islamic University of North Sumatra Medan
Keywords: Implementasi, Penguatan PPRA, Ekskul Keagamaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi penguatan PPRA di MA Muhammadiyah 1 Medan baik dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dalam  proses implementasi PPRA. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang didapatkan dari penelitian ini menggunakan hasil observasi dan wawancara dari sejumah informan yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru ekskul agama, dan guru agama Islam yang ada di madrasah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya implementasi penguatan PPRA masih dalam tahap adopsi yang artinya penggunaan kurikulum merdeka di madrasah masih belum sepenuhnya digunakan namun masih mengambil nilai-nilai dari PPRA. Pelaksanaan dari ekskul keagamaan dan mengambil nilai-nilai dari PPRA itu sudah sangat baik, sebab pelaksanaan ekskul memiliki nilai islami yang tentunya membantu perubahan karakteristik dan perilaku sehari-hari peserta didik. Evaluasi ekskul keagamaan berbeda antar gurunya, pihak madrasah sudah menentukan bagaimana evaluasi yang baik hanya saja diberikan kebebasan oleh guru untuk mengembangkan dan mempercepat memberikan penilaian kepada peserta ekskul. 

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, ed.). Makassar: CV. Syakir Media Press.
Adelia, N., Suweni, T., & Halim, A. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Kebon Jeruk, Jakarta …. Seminar Nasional Ilmu …, 394–399.
Alami, Y., & Najmudin, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah The. Tarbiyatu Wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (JPAI), 05(1), 43–61. https://doi.org/https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/237
Asy’ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 19–34. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52
Baehaqi, K., & Hakim, A. R. (2020). Peran Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMAN 1 Ciwaringin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(01), 27–39. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i1.9
Cantika, I., Supawi, M., & Hasbullah. (2023). Integrasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Pada Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Kelas XI MAN 2 Langkat. JMI : Jurnal Millia Islamia, 02(1), 266–276. https://doi.org/https://jurnal.perima.or.id/index.php/JMI/article/view/268
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2023). Madrasah Berani Bertransformasi: 38.161 Madrasah Implementasikan Kurikulum Merdeka.
Elisa. (2017). Pengertian, Peranan, dan Fungsi Kurikulum. Jurnal Curere, 1(2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36764/jc.v1i02.81
Hidayah, L. (2019). Peran Ko Kurikuler Dan Ekstrakurikuler Terhadap Upaya Pencapaian Kurikulum 2013. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 251–270. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.128
Jamaludin, Alanur, S. N., Amus, S., & Hasdin. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402
Kemendikbudristek RI. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Retrieved from Kementrian Pendidikan Nasional website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran
Masrukhi, M. (2018). Pengembangan Civic Intellegence Berbasis Kegiatan Ekstra Kurikuler Di Sekolah Dasar. Integralistik, 29(1), 15. https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i1.14583
Monica, S. D. (2023). PENGARUH KEGIATAN INTRAKULIKULER DAN EKSTRAKULIKULER KEAGAMAAN TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU (Universitas Fatmawati Sukarno Bengkulu). Universitas Fatmawati Sukarno Bengkulu. Retrieved from http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/45/1/PASCASARJANA - PAI - 1. 2011540047 - Silvia Dwi Monica.pdf
Mufid, M. (2023). Penguatan Moderasi Beragama dalam Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil ’Alamin Kurikulum Merdeka Madrasah. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 2(2), 141–154. https://doi.org/https://doi.org/10.37252/quranicedu.v2i2.396
Sihombing, A. A. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Sekolah Taman Seminari. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(2), 155–170. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i2.772
Zaeni, A., Mustika Sari, N. H., Syukron, A. A., Ricky Fahmy, A. F., Prabowo, D. S., Ali, F., & Faradhillah, N. (2023). Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran di Madrasah (1st ed.; A. A. Syukron, Ed.). Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Published
2024-05-31