Analisis Penggunaan Model CIPP Dalam Penerapan Evaluasi Kurikulum
Abstract
Evaluasi kurikulum dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari rancangan program serta penetapan dari tujuan Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merekognisi komponen indikator yang bisa dijadikan landasan dan pedoman evaluasi kurikulum merdeka belajar menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process and Product). Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode literature review dengan cara menganalisis kajian-kajian sebelumnya tentang penerapan evaluasi program menggunakan model CIPP kemudian menganalisis penerapannya dalam implementasi evaluasi kurikulum. Penggunaan komponen evaluasi dengan model CIPP sebagai dasar dalam penilaian tidak selalu sama secara keseluruhan. Penelitian-penelitian tersebut bisa saja menggunakan beberapa komponen yang berbeda. Model CIPP terbentuk dari satu kesatuan komponen yang terdiri dari empat jenis evaluasi yang meliputi evaluasi Contex, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk.