An Internal Quality Assurance System for Islamic Higher Education at Sultan Aji Muhammad Idris State Islamic University

  • Muthia Umi Setyoningrum Sultan Aji Muhammad Idris State Islamic University Samarinda
  • Deni Septyawan Sultan Aji Muhammad Idris State Islamic University Samarinda
  • Muchammad Eka Mahmud Sultan Aji Muhammad Idris State Islamic University Samarinda
Keywords: Internal Quality Assurance System; Islamic Higher Education

Abstract

Abstrak

Penjaminan dan peningkatan mutu pada pendidikan tinggi adalah program krusial yang harus dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda telah menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Penelitian ini bermaksud menjabarkan siklus SPMI yang meliputi tahap penetapan, implementasi, evaluasi, pengontrolan, dan peningkatan. Penelitian berjenis deskriptif kualitatif ini menggunakan dokumentasi dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Setelah data dikumpulkan kemudian dikondensasikan, lalu data disajikan dan ditarik kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu: Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) membuat pedoman standar dalam bentuk buku. Merupakan proses penerapan mutu melalui penetapan, pengendalian, dan perbaikan. Evaluasi dilakukan dalam Audit Mutu Internal pada setiap akhir semester. Pengendalian dilakukan dengan monitoring evaluasi setelah Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Peningkatan kualitas dilakukan berdasarkan hasil tindak lanjut RTM. Faktor pendukungnya adalah adanya keseuaian kompetensi SDM dan kesadaran auditor akan pentingnya budaya mutu. Faktor penghambatnya adalah tidak adanya reward bagi auditor dalam menjalankan tugasnya sebagai auditor dan beberapa auditor yang belum tersertifikasi.

Kata kunci : SPMI; Perguruan Tinggi Islam 

 

Abstract

Quality assurance in higher education is a crucial program that must be implemented by every tertiary institution. Sultan Aji Muhammad Idris State Islamic University (UINSI) Samarinda has implemented an Internal Quality Assurance System (SPMI). This study intends to describe the SPMI cycle which includes the stages of establishment, implementation, evaluation, control, and improvement. This qualitative descriptive research uses documentation, interviews, and observations in collecting data. Data analysis consisted of four stages, namely data collection, data compaction, data presentation, and drawing conclusions. The results show: The Quality Assurance Institute (LPM) makes standard guidelines in book form. Is the process of implementing quality through determination, control, and improvement. Evaluation is carried out in the Internal Quality Audit at the end of each semester. Control is carried out by monitoring evaluation after the Management Review Meeting (RTM). Quality improvement is carried out based on the results of RTM follow-up. The supporting factors are the suitability of HR competencies and the auditor's awareness of the importance of quality culture. The inhibiting factor is that there is no reward for the auditor in carrying out his duties as an auditor and some auditors are not yet certified.

Keywords: SPMI; Islamic College

References

Agustian Ramadana Putera, D. (2022). Penjaminan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ahbab Pustaka.
Asbeni. (2001). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (Suatu Studi Tentang Standar Operasional Prosedur) Di Politeknik Negeri Sambas. Jurnal Program Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura, (Vol 1, No 0001 (2013): ILMU ADMINISTRASI NEGARA), 1–19.
Bancin, A. (2017). Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 1.
Budiarto, G., Yulianda, F., & Zulbainarni, N. (2018). Strategi sinkronisasi implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan ISO 9001 program sarjana IPB. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM), 4(2), 202.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2010). Strategi Pendidikan Tinggi Jangka Panjang 2003 - 2010. In Education.
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(02), 216–240.
Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal pada Lembaga Pendidikan Tinggi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 53–65. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1148
Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Izzah, I. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Masyarakat Madani. Jurnal Pedagogik, 05(01), 51.
Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. , Kemenristekdikti § (2016).
Lenggono, W. (2021). Manusia dan Pendidikan (Dasar Pelaksanaan Pendidikan Bagi Kehidupan Manusia). Jurnal Mahasantri, 1(2), 176–193.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). USA: Sage Publication.
Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644
Pandit, I. G. S., Mahendrawati, N. L. M., Suaria, I. N., Widiati, I. A. P., Putra, I. M. A. M., Suranata, P. G., … Masyeni, D. A. P. S. (2022). Pengembangan Budaya Mutu di Perguruan Tinggi.
Prasetyo, H. (2014). Dampak Kebijakan Akreditasi Perguruan Tinggi Terhadap Daya Saing (Competitiveness) Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Kebumen. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 13(1).
Rahmatul Aini, S., Ndayani, Y., Ananto, A. D., Juliantoni, Y., & Pratama, I. S. (2021). Gambaran Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Unram Medical Journal, 9(4), 274–280. https://doi.org/10.29303/jku.v9i4.488
Ripanti, E. F., & Oramahi, H. A. (2021). Rancangan Sistem Informasi Pengelolaan Audit Mutu Internal (AMI) Perguruan Tinggi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 7(1), 93. https://doi.org/10.26418/jp.v7i1.44330
Salim, K. (2014). Pengaruh Globalisasi terhadap Dunia Pendidikan. University Teknologi Malaysia, 9(1), 1–11.
Sauri, R. S. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Universitas Islam Nusantara Bandung. Media Nusantara, 16(1), 27–40.
Setyoningrum, M. U. (2018). Keefektifan Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2008 di SMA Negeri Kabupaten Sleman. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 22–37. Retrieved from https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf
Siti Suwaibatul Aslamiyah. (2014). Pandangan Islam Tentang Proses Kejadian Manusia Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Akademika, 8(1).
Soge, M. M., & Lauditta Indahdewi. (2022). Implementasi Kewenangan Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi Kedinasan Bidang Pemasyarakatan. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 196–206. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.986
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukri, S. (2019). Peningkatan Motivasi dan hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 9(2), 152. https://doi.org/10.24036/011068660
Sulaiman, A., & Wibowo, U. B. (2016). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 17. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8197
Sumiati, & Ahmad, A. (2021). Pengendalian Mutu Pendidikan: Konsep Dan Aplikasi. Iqra: Urnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6384
Syahrul. (2016). Readines Frame: Analisis Kerangka Kesiapan dalam Transformasi Pendidikan Tinggi (Pengalaman IAIN Kendari). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 162–180.
Syukron, B. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu: Studi Transformasi pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 51–62.
Tatu, H. R., & Dilo, A. U. (2022). Pengendalian Pendidikan terhadap Media Pembelajaran dalam Urgensi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Manajemen Research, 1(1), 52–65. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ah/article/view/2121
Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum Grasindo. In PT. Raja Grafindo Persada (Vol. 70). Jakarta.
Published
2024-05-30