Hubungan Motivasi, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Dalam mendukung Pendidikan Nasional, dibutuhkan guru profesional yang menguasai kompetensi, kepribadian, sosial dan profesional. Oleh karena itu, guru harus memiliki motivasi yang tinggi, giat dalam mengikuti pelatihan dan menjadikan pengalaman mengajar sebagai guru yang terbaik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan motivasi, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru MI di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat hubungan antara motivasi dan profesionalisme guru MI di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dengan nilai t hitung sebesar 2,022 dan probabilitas sebesar 0,047 yang nilainya lebih kecil dari 0,05. 2) Terdapat hubungan antara pelatihan dan profesionalisme guru MI di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dengan nilai t hitung sebesar 2,298 dan probabilitas 0,024 yang nilainya lebih kecil dari 0,05. 3) Terdapat hubungan antara pengalaman mengajar dan profesionalisme guru MI di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dengan nilai t hitung sebesar 2,586 dan probabilitas 0,012 yang nilainya lebih kecil dari 0,05. 4) Terdapat hubungan antara motivasi, pelatihan dan pengalaman mengajar dengan profesionalisme guru MI di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, dapat dilihat dari hasil analisis bahwa nilai signifikansi variabel (X1) sebesar 0.154, variabel (X2) sebesar 0.772 dan variabel (X3) sebesar 0.30. Karena nilai ketiga variabel independen lebih dari nilai 0.05 dengan angka koefisien korelasi (R) sebesar 0.204.
Kata kunci: Motivasi, Pelatihan, Pengaaman Mengajar, Professionalisme
References
Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(September), 130–149. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur : Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. 8(2), 173–184.
Anam, M. S. (2019). Pengaruh Presepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Guru PAI Terhadap Karakter Disiplin Siswa Di SMA N 1 Tanjunganom. IAIN Kediri.
Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.
Azima Dimyati, M. M. (2019). Pengembangan Profesi Guru. Gre Publishing.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.
Hadi, S. (2020). Studi Aspek Afektif pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 118–131.
Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.
Julaiha, S. (2019). Konsep kepemimpinan kepala sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97.
Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218.
Mursid, R., & Yulia, E. (2019). Pengembangan pembelajaran dalam teknologi pendidikan di era ri 4.0.
Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish.
Pratiwi, D., Immawan, H. R. E., Mitami, M., & Magdalena, I. (2021). Pelaksanaan Desain Pembelajaran Instruksional pada Pandemi COVID–19 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 625–635.
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rodiah, S., Ulfiah, U., & Arifin, B. S. (2022). Perilaku Individu dalam Organisasi Pendidikan. Islamika, 4(1), 108–118.
Rosmayati, S., Latifah, E. D., & Maulana, A. (2020). PSIKOLOGI PENDIDIKAN (LANDASAN UNTUK PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN).
Safitri, D., & Sos, S. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.
Saifullah, S. (2020). Determinasi Motivasi dan Kinerja Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di SMAN Negeri 1 Kota Bima) Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 600–621.
Sarifudin. (2019). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 02, No. 01, Januari 2019. Islamic Managemen, 02(01).
Suarga, S. (n.d.). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Idaarah, 3(1), 164–174.
Sukardi, H. M. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264.
Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD.
Uno, H. B. (2023). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Bumi Aksara.
Wardinur, W., & Mutawally, F. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pendukung Pembelajaran di MAN 1 Pidie. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 167–182.
Windura, S. (2019). 1 st Mind Map: Teknik berpikir dan belajar sesuai cara kerja alami otak.
Yusup, M. M., & Qodir, A. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN: Perspektif dalam Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik. LD MEDIA.