Child Education in the Family: Perspectives of Modern and Traditional Pesantren Kiai on Gender Equality

  • Nuril Huda Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Difi Dahliana Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
Keywords: kesetaraan gender, pendidikan keluarga, pesantren modern, pesantren tradisional

Abstract

Penelitian ini mengkaji pandangan kiai dari pesantren modern dan tradisional di Kalimantan Selatan mengenai peran gender dalam pendidikan keluarga. Dengan pendekatan kualitatif dan metode penelitian lapangan, enam kiai terpilih menjadi informan utama, yang terdiri dari tiga kiai dari kelompok pesantren modern, dan tiga kiai dari kelompok pesantren tradisional. Data dikumpulkan dengan wawancara, yang kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Temuan menunjukkan bahwa kedua kelompok kiai sepakat bahwa pendidikan anak merupakan tanggung jawab bersama, namun dengan pendekatan berbeda. Kiai pesantren modern menekankan pentingnya kolaborasi yang setara antara ayah dan ibu dalam pengasuhan dan pendidikan anak, sementara kiai pesantren tradisional lebih menonjolkan pembagian peran spesifik, dengan ayah sebagai pendidik utama dan ibu sebagai pengasuh utama. Pandangan kiai pesantren modern menunjukkan responsivitas yang lebih tinggi terhadap kesetaraan gender, sedangkan kiai pesantren tradisional masih berpegang pada norma patriarki, meskipun mulai mengakomodasi nilai-nilai kesetaraan secara selektif. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya literatur tentang responsivitas gender di pesantren dan memberikan rekomendasi praktis untuk menjadikan pesantren sebagai agen perubahan sosial. Integrasi nilai-nilai kesetaraan gender dapat meningkatkan peran setara antara ayah dan ibu, yang pada akhirnya mendukung kualitas pendidikan keluarga dan transformasi sosial yang inklusif.

References

Alfiandy, I., & Wardhana, K. E. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Kepemimpinan yang Melayani dalam Pengembangan Karakter Santri di Pesantren Darul Ihsan Samarinda. Journal of Sustainable Transformation, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.59310/jst.v3i01.38
Borràs, V., Ajenjo, M., & Moreno-Colom, S. (2021). More time parenting in Spain: A possible change towards gender equality? Journal of Family Studies, 27(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/13229400.2018.1440618
Haq, A. F. (2020). Gender dan Emansipasi Perempuan dalam Pendidikan Islam. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30736/ktb.v4i1.100
Hasanah, U., Muassomah, M., Wijayati, M., & Abdullah, I. (2023). Women in a Time of Crisis: Inequality of Roles in the Family During the Pandemic In Indonesia. PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/palastren.v16i2.19182
Huda, N., Dahliana, D., & Aseri, A. F. (2023). Improving The Quality of Prophetic Intelligence-Based Moral Education Programs with the CIPP Model. Eurasian Journal of Educational Research, 107(107), Article 107.
Hudi, A. (2023). Perspektif Kesetaraan Gender terhadap Peran Suami-Isteri dalam Ranah Sosial dan Publik. Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum (JISYAKU), 2(1), 113–123. https://doi.org/10.23971/jisyaku.v2i1.6267
Jalal, Y. A., Syafeie, A. K., & Lela, N. (2021). Peran Kyai dalam Meningkatkan kecerdasan Spirittual Remaja Generasi Z di Pesantren Anwarul Huda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 138–152. https://doi.org/10.21093/twt.v8i3.3652
Khanifah, A. N., & Fajriyah, I. M. D. (2023). Film “Yuni” Karya Kamila Andini: Tubuh Perempuan dalam Kungkungan Patriarki dan Pamali. Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 22(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/musawa.2023.221.73-86
Leal Filho, W., Kovaleva, M., Tsani, S., Țîrcă, D.-M., Shiel, C., Dinis, M. A. P., Nicolau, M., Sima, M., Fritzen, B., Lange Salvia, A., Minhas, A., Kozlova, V., Doni, F., Spiteri, J., Gupta, T., Wakunuma, K., Sharma, M., Barbir, J., Shulla, K., … Tripathi, S. (2023). Promoting gender equality across the sustainable development goals. Environment, Development and Sustainability, 25(12), 14177–14198. https://doi.org/10.1007/s10668-022-02656-1
Makniyah, J., & Erliyanti, L. (2021). Studi Komparasi Pendidikan Gender di Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Salaf Baitul Atiq Karduluk dan Pondok Pesantren Modern Nurul Huda Pakandangan). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 5(2), 206–228.
Musa, D. T., Rupita, R., & Niko, N. (2021). (RETRACTED) Taboo of Madura Women: Patriarchal Construction in Madurese Tradition. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.21580/sa.v16i2.8063
Oláh, L. Sz., Vignoli, D., & Kotowska, I. E. (2020). Gender Roles and Families. Dalam K. F. Zimmermann (Ed.), Handbook of Labor, Human Resources and Population Economics (hlm. 1–28). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-57365-6_23-1
Alfiandy, I., & Wardhana, K. E. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Kepemimpinan yang Melayani dalam Pengembangan Karakter Santri di Pesantren Darul Ihsan Samarinda. Journal of Sustainable Transformation, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.59310/jst.v3i01.38
Borràs, V., Ajenjo, M., & Moreno-Colom, S. (2021). More time parenting in Spain: A possible change towards gender equality? Journal of Family Studies, 27(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/13229400.2018.1440618
Haq, A. F. (2020). Gender dan Emansipasi Perempuan dalam Pendidikan Islam. Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30736/ktb.v4i1.100
Hasanah, U., Muassomah, M., Wijayati, M., & Abdullah, I. (2023). Women in a Time of Crisis: Inequality of Roles in the Family During the Pandemic In Indonesia. PALASTREN: Jurnal Studi Gender, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/palastren.v16i2.19182
Huda, N., Dahliana, D., & Aseri, A. F. (2023). Improving The Quality of Prophetic Intelligence-Based Moral Education Programs with the CIPP Model. Eurasian Journal of Educational Research, 107(107), Article 107.
Hudi, A. (2023). Perspektif Kesetaraan Gender terhadap Peran Suami-Isteri dalam Ranah Sosial dan Publik. Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum (JISYAKU), 2(1), 113–123. https://doi.org/10.23971/jisyaku.v2i1.6267
Jalal, Y. A., Syafeie, A. K., & Lela, N. (2021). Peran Kyai dalam Meningkatkan kecerdasan Spirittual Remaja Generasi Z di Pesantren Anwarul Huda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 138–152. https://doi.org/10.21093/twt.v8i3.3652
Khanifah, A. N., & Fajriyah, I. M. D. (2023). Film “Yuni” Karya Kamila Andini: Tubuh Perempuan dalam Kungkungan Patriarki dan Pamali. Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 22(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/musawa.2023.221.73-86
Leal Filho, W., Kovaleva, M., Tsani, S., Țîrcă, D.-M., Shiel, C., Dinis, M. A. P., Nicolau, M., Sima, M., Fritzen, B., Lange Salvia, A., Minhas, A., Kozlova, V., Doni, F., Spiteri, J., Gupta, T., Wakunuma, K., Sharma, M., Barbir, J., Shulla, K., … Tripathi, S. (2023). Promoting gender equality across the sustainable development goals. Environment, Development and Sustainability, 25(12), 14177–14198. https://doi.org/10.1007/s10668-022-02656-1
Makniyah, J., & Erliyanti, L. (2021). Studi Komparasi Pendidikan Gender di Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Salaf Baitul Atiq Karduluk dan Pondok Pesantren Modern Nurul Huda Pakandangan). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 5(2), 206–228.
Musa, D. T., Rupita, R., & Niko, N. (2021). (RETRACTED) Taboo of Madura Women: Patriarchal Construction in Madurese Tradition. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.21580/sa.v16i2.8063
Oláh, L. Sz., Vignoli, D., & Kotowska, I. E. (2020). Gender Roles and Families. Dalam K. F. Zimmermann (Ed.), Handbook of Labor, Human Resources and Population Economics (hlm. 1–28). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-57365-6_23-1
Păuțu, A. G., Bota, E., & Petracovschi, S. A. (2023). Reducing Gender Stereotypes and Promoting Gender Equality in The Physical Education Lesson – A Systematic Review Analysis. Studia Universitatis Babeș-Bolyai Educatio Artis Gymnasticae, 27–36. https://doi.org/10.24193/subbeag.68(4).29
Pramono, D. (2018). The Authority of Kyai Toward the Santri: A Review of Gender Construction at Pondok Pesantren. Komunitas, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/komunitas.v10i1.8142
Rahadian, A. S., Prasetyoputro, P., Sitohang, M. Y., & Hafsari, T. A. (2020). Paternity Leave: A Potential Policy for Improving Child Health. 165–173. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200215.032
Rosita, R. (2024). Pesantren as a Community-Based Islamic Educational Institution. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(3). https://doi.org/10.21093/twt.v11i3.9235
Shabrina, F. A., & Indriati, F. (2023). Maternity and Paternity Leave Policy in Indonesia: A Study on United Nations Development Indonesia. Journal of Social Research, 3(1), 266–274. https://doi.org/10.55324/josr.v3i1.1869
Sitorus, H. K., Setiawati, A., Vifania, B., Mahrani, N., & Yasir, M. (2024). Budaya Patriarki Di Indonesia Dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam. Tabayyun : Journal Of Islamic Studies, 2(02), Article 02. https://journal.tabayanu.com/index.php/tabayyun/article/view/70
Susanti, R., Rabi’ah, R., Hajriana, H., Ihromi, I., & Agustina, M. (2021). Agency Perempuan pada Pondok Pesantren di Kalimantan Selatan. Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 20(1). https://doi.org/10.18592/al-banjari.v20i1.5596
Werdiningsih, W. (2020). Penerapan Konsep Mubadalah dalam Pola Pengasuhan Anak. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i1.2062
Zimmerman, L. A., Koenig, L. R., Pulerwitz, J., Kayembe, P., Maddeleno, M., & Moreau, C. (2021). The Intersection of Power and Gender: Examining the Relationship of Empowerment and Gender-Unequal Norms Among Young Adolescents in Kinshasa, DRC. Journal of Adolescent Health, 69(1, Supplement), S64–S71. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2021.03.031
Published
2024-12-27