Effectiveness of Blooket Application in Improving Students' Learning Outcomes in Arabic Language Learning at Muhammadiyah Junior High School Jakarta

  • Ramadina Putri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ari Khairurrijal Fahmi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Efektivitas, Blooket, Hasil Belajar, Bahasa Arab

Abstract

Blooket adalah platform edukasi yang inovatif dan efektif untuk membantu para pengajar dan siswa dalam  belajar dan meninjau materi pelajaran dengan cara yang menyenangkan. Platform ini dapat digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi blooket dalam pembelajaran bahasa Arab kelas 9 di SMP Muhammadiyah 6 Jakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-postest. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMP Muhammadiyah 6 Jakarta. Sampel dari penelitian ini kelas 9 sebanyak 32 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest postest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh siswa mengalami peningkatan nilai. Uji paired sample t-test dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26, selanjutnya menggunakan taraf signifikan 0,05 sebagai syarat pengambilan keputusan, hasilnya taraf signifikan hitung 0,000 < 0,05. Sementara dengan uji n-gain ditemukan nilai mean n-gain sebesar 70.5124 atau 70,5 %, yang apabila menggunakan standar tafsiran efektivitas n-gain, masuk dalam interval 56-75 %, dengan kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan (Ha) diterima, yang berarti penggunaan aplikasi blooket efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 6 Jakarta.

Published
2024-05-06