Pengembangan Model Respons Analisis dan Moody Dalam Mengapresiasi Cerita Pendek Oleh Siswa MTs Swasta Nurul Amal Kuala

  • Khalimatussakdiah Khalimatussakdiah Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah Medan
  • Sutikno Sutikno Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Pengembangan, Model Respons Analisis dan Moody, Apresiasi Cerita Pendek

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana hasil penerapan eksprimen model respons analisis dan moody (model RAM) dalam mengapresiasi cerita pendek oleh siswa kelas IX-A (kelompok eksperimen) dan  kelas IX-B (kelompok kontrol) di MTs Swasta Nurul Amal Kuala Tahun Pembelajaran 2023-2024. Penelitian ini mengujicobakan elaborasi model respons-analisis dengan model Moody sebagai model eksperimen, sedangkan model kebiasaan guru berperan sebagai model kontrol. Tolak ukur yang dijadikan landasan dalam penentuan hasil penelitian ini adalah perolehan hasil belajar. Sampel yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas IX-A dan kelas IX-B. Siswa yang diambil dari tiap kelas berjumlah sama, yaitu kelas  IX-A berjumlah 36 orang dan kelas IX-B berjumlah 36 orang. Kedua kelas tersebut dibedakan dalam 2 kelompok, yaitu: kelas IX-A masuk kelompok eksperimen dan kelas IX-B masuk dalam kelompok kontrol. Peningkatan skor paling tinggi dari kelompok eksperimen adalah pada unsur karakter yaitu mencapai 2,9, sedangkan peningkatan terendah terjadi pada unsur sudut pandang dan suasana yaitu mencapai 0,4. Peningkatan skor paling tinggi pada kelompok kontrol adalah pada unsur alur yaitu mencapai 1,03, sedangkan peningkatan terendah terjadi pada unsur gaya bahasa yaitu mencapai 0,00. Melihat secara umum, peningkatan skor yang paling tinggi dialami oleh kelompok eksperimen, yaitu mencapai 2,9.

Published
2024-06-30