Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SD Pada Materi Bagian Tumbuhan

  • Chealsy Junianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isrok'atun Isrok'atun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ali Ismail Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Outdoor Learning, Sekolah Dasar, Bagian Tumbuhan, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Outdoor Learning terhadap Pemahaman konsep siswa
sekolah dasar pada materisiklus air.Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuasi eksperimen
sebagai metode penelitiannya. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group, yang
melibatkan pengujian Pretest sebelum perlakuan dan pengujian Posttest setelah perlakuan di setiap kelompok.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV salah satu SD yang terakreditasi A di Sumedang .
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel 32 siswa kelas IV A kelas kontrol
dan 30 kelas eksperimen siswa kelas IV B di salah satu SD yang ada di Sumedang. Hasil analilisis data pertama
menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar pada materi bagian
tumbuhan, baik saat Outdoor Learning digunakan maupun tidak. hasil analisis lanjutan menemukan bahwa
pendekatan pembelajaran yang melibatkan model Outdoor Learning menghasilkan hasil belajar yang lebih baik,
sepertiterlihat dari nilairata-rata yang lebih tinggi. Terbukti dengan hasil uji beda rerata yang didapatkan melalui
tes pemahaman konsep , hasil posttest kelas eksperimen lebih besar dari pada hasil pretest.Terdapat perbedaan
pengaruh antara penggunaan kegiatan Outdoor Learning dan pembelajaran konvensional, terbukti melalui hasil
uji beda rerata, kelas eksperimen yang menggunakan kegiatan Outdoor Learning mengalami peningkatan yang
lebih besar daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Respons positif juga diberikan oleh siswa
terhadap penggunaan kegiatan Outdoor Learning. Terbukti melalui hasil angket, siswa merasa senang dan
mudah memahami materi bagian menggunakan kegiatan Outdoor Learning.

References

Abimanyu, I., Narulita, H., Lutfiah, L., & Purwani, D. (2024). Kajian Outdoor Learning Proses dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Pustaka. JEMARI: Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 2024.
Abraham, I., & Supriyati, Y. (n.d.). DESAIN KUASI EKSPERIMEN DALAM PENDIDIKAN: LITERATUR REVIEW. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
Abubakar, R. (2021). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN. Google Book. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5ijKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Reliabilitas+yaitu+suatu+data+instrumen+yang+cukup+untuk+dapat+dipercaya+dan+dapat+dipakai+menjadi+suatu+alat+pengumpulan+data+sebab+instrumen+tersebut+dikatakan+baik+(Abubakar,+Rifai%E2%80%99i,+2021).+&ots=kRO5GdI6qk&sig=v0_ZLWLTEnAO9jvjERATC3qEZhI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2209–2219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165
Erina Susanti, N. K., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317
Published
2024-04-30