Pengaruh Video Sistaya Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Tata Surya

  • Eko Lawianta Pelawi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Isrok'atun Isrok'atun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ali Ismail Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Kata Kunci: Video SISTAYA, Pemahaman Konsep, Sistem Tata Surya, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Video SISTAYA terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa sekolah dasar pada materi sistem tata surya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video SISTAYA terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem tata surya; untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan video SISTAYA  dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem tata surya; untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media video SISTAYA pada materi sistem tata surya. Pemahaman konsep pada siswa sekolah dasar masih rendah terutama pada materi sistem tata surya , dan pemahaman konsep merupakan kompetensi pembelajaran yang perlu dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Hal tersebut menjadi alasan penelitian ini dilakukan. Metode kuasi eksperimen digunakan dalam penelitian dengan desain non equivalent control group design. Penyebaran angket juga dilakukan untuk mengetahui respons siswa. Penggunaan video SISTAYA terhadap 30 siswa kelas VI A memberikan pengaruh positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video SISTAYA memberikan pengaruh yang positif terhadap pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Terbukti dengan hasil uji beda rerata yang didapatkan melalui hasil posttest kelas eksperimen lebih besar daripada hasil pretest. Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan video SISTAYA dan pembelajaran konvensional, terbukti melalui hasil uji beda rerata kelas eksperimen yang menggunakan video SISTAYA mengalami peningkatan yang lebih besar daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Respons positif juga diberikan oleh siswa terhadap penggunaan video SISTAYA. Terbukti melalui hasil angket, siswa merasa senang dan mudah memahami materi sistem tata surya menggunakan video SISTAYA.

References

Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, D. E. (2018). PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM PEMBELAJARAN MULTIPLE REPRESENTASI. In Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 12, Issue 2).
Amka, M. H. S. (2018). Nizamia Learning Center 2018. www.nizamiacenter.com
Angga Putra, I., Pujani, N., & Prima Juniartina, P. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia.
Annisa, F., & Prasetiyawati, D. (2023). Pengembangan Media Animasi Minnie terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 3777–3790. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26272
Arania, A. (2021). PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEMESTER 2 SDN SUKAWANGI.
Dewayanti, A., Sri Suryanti, H. H., & Wicaksono, A. G. (2023). Analisis Video Animasi Inovatif dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di MIM Girimargo Miri Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Sinektik, 4(2), 187–195. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6658
Friska, S. Y., Amanda, M. T., Novitasari, A., & Prananda, G. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 250–255. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.250-255
Gliner, J. A., Morgan, G. A., & Leech, N. L. (2016). Research Methods in Applied Settings. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315723082
Hamid, M. A. (2020). Media Pembelajaran. Google Scholar. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=list_works&hl=id&hl=id&user=BlWhYRIAAAAJ
Ika. (2017). PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/13060/11096
Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212–225. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.738
Isra, R. A., & Mufit, F. (2023). Students’ conceptual understanding and causes of misconceptions on Newton’s Law. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(4), 1914. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i4.25568
Joru, C. R., Makaborang, Y., & Enda, R. R. H. (2023). THE GROUP INVESTIGATION TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL WITH THE ASSISTANCE OF IMAGE MEDIA TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES OF CLASS VIII STUDENTS AT SMPN SATAP KARANGGI ROWA. JURNAL EDUSCIENCE, 10(1), 146–158. https://doi.org/10.36987/jes.v10i1.4002
Jufriadi, A., Sutopo, S., Kusairi, S., & Sunaryono, S. (2023). Assessment of kinematic concepts comprehension: A systematic review. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(3), 1449. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24546
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Krista Bulu, Y., Triwahyudianto, & Sulistyowati, P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/689/562
Laily Rahmayanti. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SE-GUGUS SUKODONO SIDOARJO | Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23606
Laura, S. N., & Sahronih, S. (2022). PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 BOJONGNEGARA. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.36
Lenggogeni, L., Roqoyyah, S., & Siliwangi, I. (2021). Creative of Learning Students Elementary Education PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBANTUAN SCRATCH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV. Journal of Elementary Education, 04.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN MERUYA SELATAN 06 PAGI. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Ningsih, S. Y. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.223
Nisa, N., Au Hurit, A., & Bari, A. A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 416–422. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66971
Novanto, Y. S., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4665
Nugraha, W. S., & Rachmawati, A. (2023). Pengaruh Media Animasi Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Kelas 3 Pada Pembelajaran IPA. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.81583
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran SD. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books/about/Media_Pembelajaran_SD.html?id=2vQ4EAAAQBAJ&redir_esc=y
Nuryati, & Darsinah. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/issue/view/91
Nuswantoro, D., & Wicaksono, V. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON. JPGSD UNESA.
Pakpahan, Dewa Putu, Mawati, & Benedict Wagiu. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Google Book. https://scholar.google.com.tw/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=c8yZSYoAAAAJ&citation_for_view=c8yZSYoAAAAJ:aqlVkmm33-oC
Prajoko, S., Sukmawati, I., Maris, A. F., & Wulanjani, A. N. (2023). Project Based Learning (PjBL) Model with STEM Approach on Students’ Conceptual Understanding and Creativity. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 401–409. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i3.42973
Pransiska, R., & Rapita, B. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DI KELAS III SD. JLJ, 12(4), 2023. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Putro, S. C., & Nidhom, A. M. (2021). PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Google Book. https://books.google.co.id/books/about/PERENCANAAN_PEMBELAJARAN.html?id=-zQXEAAAQBAJ&redir_esc=y
Rahmatunnida, R., Busono, R. R. T., & Ardiansyah, A. (2020). Application of animation video to improve student learning outcomes in estimating construction costs. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 830(4), 042060. https://doi.org/10.1088/1757-899X/830/4/042060
Ramadanti. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu.
Ramadhan, G., Rohana, R., & Pada, A. (2023). The Effect Of Use Animation Media On Learning Outcomes In Science Learning Of The Fourth Grade Students Telkom Makassar. International Journal of Elementary School Teacher, 1(2), 175. https://doi.org/10.26858/ijest.v1i2.17970
Rizal Fuady, & Ariffin Abdul Mutalib. (2019). Audio-Visual Media in Learning. Journal of K6 Education and Management (JK6EM) . https://j-k6em.org/index.php/jkemorg/article/view/6/6
Rusmin, L., Hafifa, & Hasan, S. (2022). THE EFFECT OF TWO-DIMENSIONAL IMAGE MEDIA ON CIVILITY EDUCATION LEARNING OUTCOMES ON THEME 7 THE BEAUTY OF DIVERSITY IN MY COUNTRY. INTERNATIONAL JOURNAL OF EDUCATION, SOCIAL SCIENCES AND LINGUISTICS, 2(2). https://doi.org/10.55260/IJESLI.V2I2.136
Rustinah, R., Basri, M., & M, M. (2021). The Effect of Problem Based Learning Model Aided by Animation Media on Interests and Learning Outcomes of Class V Elementary School Social Sciences. Indonesian Journal of Primary Education, 5(2), 165–172. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i2.41463
Sitinjak, E. K. (2022, April 8). Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan; Universitas Pendidikan Ganesha. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45006
Sobron, Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalism. https://www.researchgate.net/publication/338739013
Supardi. (2017). MEDIA VISUAL DAN PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR Kanisius Supardi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/download/266/189/
Suryani, E., & Rusilowati, A. (2016). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD MENGGUNAKAN TWO-TIER TEST MELALUI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF Info Artikel. In 56 JPE (Vol. 5, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Susanti, S., & Ruqoyyah, S. (2021). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SD KELAS V KOTA BANDUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI SIKLUS AIR. Journal of Elementary Education.
Suwardi. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Media Gambar dalam Pembelajaran IPA Materi Siklus Makhluk Hidup di Kelas IV SDN 03 Sungai Rumbai Tahun Pelajaran 2021/2022. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2509–2515. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.559
Tonge, I., Panigoro, M., Bahsoan, A., & Mahmud, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 5.
Utami, A. M., & Amaliyah, N. (2022). Effect of Blended Learning Model Assisted Video Animation to the Motivation and Learning Outcomes of Science. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1416–1424. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1675
Wahyudin, M., & Paksi, H. P. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MEMBANTU SISWA SD MEMAHAMI MATERI “KEBERAGAMAN ANGGOTA KELUARGA DI RUMAH.” JPGSD UNESA. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/49270/40996
Wahyuni, S., Hariandi, A., Jambi, I., Tumenggung Jafar, J., Yaman, T., Pelayangan, K., & Jambi Prov Jambi, K. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Muatan IPA Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Video Interaktif. Journal on Education, 05(02), 5152–5172.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. In Google Book. https://books.google.co.id/books/about/Pembelajaran_IPA_Di_Sekolah_Dasar.html?id=ZhyZDwAAQBAJ&redir_esc=y
Widiyasanti, M., Ayriza, D. Y., Proketen, S. D., Universitas, D., & Yogyakarta, N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V. Jurnal Pendidikan Karakter. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/21489
Widyawardani, & Yolanita Maureen, I. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Untuk Materi Pokok Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Mata Pelajaran Tematik Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Di SDN Purworejo, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. EJOURNAL UNESA.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835
Yemima Anastasya Br Ginting, & Robenhart Tamba. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Inshot Pada Tema 5 Kelas II SDN 040556 Juhar. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 272–287. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i2.1687
Published
2024-04-30