The Effectiveness of Home Visits in Reducing Student Truancy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kunjungan rumah untuk menurunkan perilaku bolos pada siswa. Penelitian menggunakan metode pre eksperimen dengan metode one shot case study dengan jumlah sampel sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Desain penelitian ini dengan diberikan treatment/ perlakuan, pada satu kelompok dan selanjutnya di observasi hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran perilaku bolos sekolah siswa sebelum dilakukan perlakuan didapat sebanyak 8 siswa yang sering melakukan perilaku bolos sekolah seperti tidak masuk sekolah selama berhari-hari tanpa keterangan dan berada diluar kelas saat jam pembelajaran berlangsung. Kemudian setelah dilakukan kunjungan rumah tersisa 3 siswa yang bolos sekolah tanpa keterangan. Hal ini mengindikasikan bahwa kunjungan rumah efektif dalam mengurangi perilaku bolos sekolah siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku siswa bolos sekolah antara lain kondisi ekonomi, kurangnya perhatian orangtua karena sibuk bekerja dan siswa yang susah dinasehati. Faktor penghambat dari kunjungan rumah dalam penelitian ini adalah orangtua/wali siswa tidak berada di rumah dikarenakan sibuk bekerja dan alamat siswa tidak lengkap atau tidak sesuai.