Development of QR Code-Based E-Module on Student Responses in Class XI TITL at SMK Driyorejo
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk, Menganalisis kelayakan E-Modul berbasis QR code untuk menunjang pembelajaran pada mata pelajaran instalasi motor listrik kurikulum merdeka yang diterapkan di SMK Negeri 1 Driyorejo khusunya fase F kelas XI TITL, kemudian yang kedua yaitu, untuk mengetahui seberapa praktis penggunaan E-modul berbasis Qr-code yang dilihat melalui respon siswa kelas XI TITL di SMK Negeri 1 Driyorejo, dan yang terakhir yaitu, Mengetahui hasil belajar kognitif siswa untuk mengukur seberapa efektif penggunaan E-Modul berbasis QR Code setelah diberikan perlakuan.Berdasarkan hasil uji validitas E-Modul berbasis QR Code mendapatkan rata-rata rating sebesar 96,6%. Kemudian pada hasil pengujian N-Gain hasil skor N-Gain dari 31 sample dengan nilai minimum sebesar 0.25 dan nilai maksimum 0.91. sehingga rata-rata skor N-Gain sebesar 0.64. nilai ini berada pada interval 0.30 n 0.70 yang berarti bahwa skor rata –rata N-Gain berada pada kriteria sedang. Dengan demikian penggunaan E-Modul berbasis QR Code terbukti efektif.
References
Fauzan. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. GP Press. https://staff.universitaspahlawan.ac.id/web/upload/materials/214-materials.pdf
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, Gandi, Muin, Tajeri, Fakhrudin, Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/27441/1663216595046_Pengembangan Kurikulum Merdeka WM.pdf?sequence=1
Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. In Yayasan Kita Menulis. http://digilib.unimed.ac.id/49006/1/Book.pdf