Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem tata surya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem tata surya; untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media video animasi dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem surya; untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran video animasi pada materi sistem tata surya.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain kuasi eksperimen adalah desain penelitian Nonequivalent Kontrol Group, yang melibatkan penilaian dari pengujian Pretest sebelum perlakuan dan pengujian Posttest setelah perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Se-Kecamatan Sumedang Utara. Sample dalam penelitian ini adalah kelas VI A dan VI B di salah satu sekolah dasar yang ada di Kecamatan Sumedang Utara dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi pada materi sistem tata surya memberikan pengaruh yang positif terhadap pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Terbukti dengan hasil uji beda rerata yang didapatkan melalui hasil posttest kelas eksperimen lebih besar daripada hasil pretest. Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan media pembelajaran video animasi dan pembelajaran konvensional, terbukti melalui hasil uji beda rerata kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video animasi mengalami peningkatan yang lebih besar daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Respon positif dari siswa juga terbukti dari hasil angket, bahwa siswa merasa senang dan lebih mudah memahami materi sistem tata surya melalui media pembelajaran video aninasi.
.
Kata kunci: Media, Video Animasi, Sistem Tata Surya, Pemahaman Konsep
Abstract
This study was conducted to determine the effect of animated video learning media on students' concept understanding of solar system material. The purpose of this study was to determine the effect of the use of animated video media on students' concept understanding on solar system material; to determine the difference in the effect of the use of animated video media and conventional learning on students' concept understanding on solar system material; to determine student responses to the use of animated video learning media on solar system material.The research design used in this study was quasi-experimental. The quasi-experimental design is a Nonequivalent Kontrol Group research design, which involves the assessment of Pretest testing before treatment and Posttest testing after treatment. The population in this study were all grade VI elementary school students in North Sumedang District. The sample in this study was class VI A and VI B in one of the elementary schools in North Sumedang District with each class totaling 30 students. The results showed that the use of animated video learning media on solar system material had a positive effect on elementary school students' concept understanding. This is evidenced by the results of the t-test obtained through the experimental class posttest results which are greater than the pretest results. There is a difference in influence between the use of animated video learning media and conventional learning, as evidenced by the results of the t-test of the mean difference of the experimental class using animated video learning media experienced a greater increase than those using conventional learning. Positive responses from students are also evident from the results of the questionnaire, that students feel happy and easier to understand the solar system material through animated video learning media.
Keywords: Media, Animated Video, Solar System, Concept Understanding
References
Abdullah, A., Marzbali, M. H., Bahauddin, A., & Tilaki, M. J. M. (2015). Broken windows and collective efficacy: Do they affect fear of crime? SAGE Open, 5(1). https://doi.org/10.1177/2158244014564361
Aeni, A. N., Aprilia, D., Putri, N. A., & Afriyanti, A. (2022). Penggunaan Video Animasi DESI (Deskriptif, Edukatif, Smart dan Interaktif) Mengenai Sistem Pembayaran Shopee Pay Later dalam Pandangan Ekonomi Islam sebagai Sarana Edukatif bagi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 1041. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2258
Aeni, A. N., Handari, M. D., Wijayanti, S., & Sutiana, W. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 721. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1077
Aeni, A. N., Khulqi, R., Latifa, D. A., & Inayah, A. N. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran “Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin” Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 979. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1097
Afrilia, L., Arief, D., Amini, R., & Negeri Padang, U. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2559
Amalia, A. N., Suyono, & Arthur, R. (2023). Penyusunan Instrumen Penelitian: Konsep, Teknik, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan contoh Instrumen Penelitian (Supriyadi, Ed.; 1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Ardian, A., & Munadi, S. (n.d.). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT-CENTERED LEARNING DAN KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA.
De, D. (n.d.). PENGENALAN PLANET DALAM TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY. https://www.researchgate.net/publication/356682910
Ega Safitri, & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12
Febrianawati, Y. (2018). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENELITIAN KUANTITATIF Febrianawati. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884 Jurusan, S., Sosiologi, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019).
Lyanda, D., Halim, R. M. N., & Syakti, F. (2023). Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Tata Surya Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 528–533. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.1037
Mayer, R. (2016). Multimedia learning 1 A Cognitive Theory of Multimedia Learning: Implications for Design Principles. https://www.researchgate.net/publication/248528255
Melati, E., Dara Fayola, A., Putu Agus Dharma Hita, I., Muh Akbar Saputra, A., & Ninasari, A. (n.d.). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 06(01), 732-741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.298
Mishra, P., Anshul, G., Keshri. Descriptive Statistics and Normality Tests for Statistical Data. Jurnal Annals of Cardiac Anaesthesia 22(1). Doi: 10.4103/aca_ACA_157_18
Mulyono, B. (2018). PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103-122. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp103-12
Nurfadilah, Mp., & Aliem Bahri, Mp. (2021). TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.
Nuryadi, Dewi Astuti, T., Sri Utami, E., & Budiantara, M. (2017). DASAR- DASAR STATISTIK PENELITIAN. SIBUKU MEDIA.
Padangsidimpuan Afridapane, I. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2).
Perdana, S. A. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 6(1), 41–48. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Realiabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. In Staiapress (Issue April).
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1Rizqi, O. :, & Aghni, I. (n.d.). FUNGSI DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI FUNCTIONS AND TYPES OF LEARNING MEDIA IN ACCOUNTING LEARNING. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia: Vol. XVI (Issue 1).
Rika Yulia, Isrok’atun, & Ani Nur Aeni. (2024). Pegembangan KATARIAN Sebagai Media Edutainment Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2303–2319. https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8263
Rochmat Aldy, P. (2016). ANALISIS STATISTIK EKONOMI DAN BISNIS DENGAN SPSS (P. Cahya Ambarwati, Ed.; 3rd ed.). CV. WADE GROUP.
Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah.9(1). https://doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828
Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474
Salomo Leuwol, F., Basiran, B., Solehuddin, Moh., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 988–999. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.899
Siregar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 69–75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33
Susanti, S., Ruqoyyah, S., & Siliwangi, I. (2021). Creative of Learning Students Elementary Education KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA SD KELAS V KOTA BANDUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI SIKLUS AIR. Journal of Elementary Education, 04, 5.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.107
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. 3(2).
https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.154
Yuliansah. (2018). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR. In Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi Edisi Agustus (Issue 2). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.2449