Pengaruh Video Peka Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Perpindahan Kalor

  • Tunny Nur Ainny Universitas Pendidikan Indonesia
  • Enjang Yusup Ali Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ali Ismail Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Kata kunci: Media pembelajaran, pemahaman, perpindahan kalor Keywords:​Learning media, understanding, heat transfer

Abstract

Abstrak
Pendidikan harus senantiasa mempersiapkan manusia untuk masa depan, sehingga dunia pendidikan harus selalu mutakhir. Media pembelajaran bebasis video akan menunjukkan pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam mengatasi pemahaman siswa. Oleh karena itu, penggunaan video pembelajaran akan mengetahui pemahaman siswa terutama materi perpindahan kalor Kelas V di salah satu SD di Kabupaten Sumedang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent group desain. Data dianalisis dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics Dari hasil analisis data dapat dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil Pretest dan Posttest pada kelas eksperimen. Dari hasil analisis angket respon siswa menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment pada kelas eksperimen dengan persentase secara keseluruhan sangat tinggi pada kriteria 75%-100% dengan perolehan 90,6%.Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil analisis data dan pembahasan yang telah dijelaskan dapat disimpulkan bahwa : Pada penggunaan video Peka berpengaruh terhadap pemahaman konsep pada materi perpindahan kalor. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa hasil uji hipotesis pada thitung lebih besar dibandingkan pada ttabel.

Abstract
Education must always prepare human beings for the future, so that the world of education must always be up-to-date. Video-free learning media will show interactive multimedia-based learning in overcoming student understanding. Therefore, the use of learning videos will find out students' understanding, especially the material for heat transfer in Class V in one of the elementary schools in Sumedang Regency. The type of research used is quasi-experimental research with nonequivalent group design. The data was analyzed using IBM SPSS Statistics software From the results of data analysis, it can be said that there is a significant difference between the results of the Pretest and Posttest in the experimental class. From the results of the analysis of the student response questionnaire, it was shown that after being given treatment in the experimental class with an overall very high percentage on the 75%-100% criterion with a gain of 90.6%. Based on the results of the research, from the results of the data analysis and discussion that has been explained, it can be concluded that: The use of sensitive videos affects the understanding of concepts in heat transfer materials. It can be proven that the results of the hypothesis test on the calculation are larger than in the table.

References

REFERENSI
Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–83.

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Banafsas Taqiya, T., Nuroso, H., Reffiane, F., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., & Ilmu Pendidikan, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295.

Budi Utama, I. K. D. A., Renda, N. T., & Bayu, G. W. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar Materi Globalisasi Siswa Kelas VI SD dengan Media Video Pembelajaran.​Mimbar​Ilmu,​26(3),​466. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39964

Cahyaningsih, U., & Muhammad Sofyan, I. (2021). Pembelajaran Berbasis Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di SD. Jurnal Ilmiah​KONTEKSTUAL,​2(02),​77–83. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.400

Dewayanti, A., Sri Suryanti, H. H., & Wicaksono, A. G. (2023). Analisis Video Animasi Inovatif dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di MIM Girimargo Miri Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Sinektik, 4(2), 187–195. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6658

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep untuk Mengatasi Miskonsepsi dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136.

Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora​(E-ISSN​2745-4584),​4(1),​981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273

Ipa, P. S., Isi, S., Proses, S., & Kependidikan, T. (n.d.). e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha .

Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 212–225. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.738

Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). KUASI-EKSPERIMEN (Issue January).

Kt, N., Muliani, D., & Wibawa, I. C. (2003). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Terbimbing. 3(1), 107–114.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750

Nuridah, S., Muh, A., Saputra, A., Sarumaha, Y. A., Belajar, K., & Didik, K. P. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO. 6(2), 166–172.

Nuswantoro, D., & Wicaksono, V. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON. JPGSD UNESA.

Pasaribu, A. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 12–34.

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Ramadhanty, N. S., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (n.d.). Jurnal Teknologi Pendidikan : Pengaruh Media Video Scribe Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Jurnal Teknologi Pendidikan : 8(1), 184–192.

Risdiana Chandra Dhewy. (2022). Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4575–4578. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.3224

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENELITIAN KUANTITATIF, PENELITIAN KUALITATIF. GoogleBook. https://books.google.co.id/books/about/METODE_PENELITIAN_PENDID IKAN_PENELITIAN.html?id=tijKEAAAQBAJ&redir_esc=y

Sari, J., Hermansah, B., & Prasrihamni, M. (n.d.). Pengaruh Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 7(2023), 15–24.

Siliwangi, I., & Terusan Jenderal Sudirman, J. (2020). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL BERUPA MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN IPA 1 Rohaetul Aen, 2 Uus Kuswendi. Journal of Elementary Education, 03(03), 3.

Sitinjak, E. K. (2022, April 8). Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan; Universitas Pendidikan Ganesha. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45006

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tonge, I., Panigoro, M., Bahsoan, A., & Mahmud, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 5.

Wahyuni, S., Hariandi, A., Jambi, I., Tumenggung Jafar, J., Yaman, T., Pelayangan, K., & Jambi Prov Jambi, K. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Muatan IPA Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Video Interaktif. Journal on Education, 05(02),5152–5172.

(Ipa et al., n.d.; Kt et al., 2003; Nuridah et al., n.d.; Pratiwi et al., 2022; Ramadhanty et al., n.d.; Sari et al., n.d.)
Published
2024-07-05