The Influence of Animation Media on Students' Understanding of the Human Digestive System Concepts
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan di lapangan bahwa pembelajaran IPA masih belum optimal dikarenakan pemilihan media pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariatif terutama pada materi sistem pencernaan manusia yang materinya bersifat abstrak sehingga berpengaruh pada pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya maka dilakukan uji Paired Sampels T-Test dan uji N-Gain. Hasil yang di dapat dari uji Paired Samples T-Test menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan tingkat signifikasi (sig.) 0,000 (p value < 0,05) kemudian hasil dari uji N-Gain memperoleh nilai 66% termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penggunaan media animasi pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signfikan terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran, yang artinya media animasi tersebut memang tepat digunakan dalam pelajaran IPAS materi sistem pencernaan manusia.
References
Ali, H. E. Y., SS, M., & Saputra, H. Y. M. (2023). Perencanaan Pembelajaran di SD. Indonesia Emas Group. https://books.google.co.id/books?id=innrEAAAQBAJ
Ari, F., & Ira Restu, K. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Dikoda, 2(2), 33–41.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1229
Erina Susanti, N. K., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317
Fauziah, A. N., Andes, D., Oktaviani, S. D., & Aeni, A. N. (2023). Pemanfaatan Rak Digital sebagai Perpustakaan Online dalam Kepemimpinan Islam Bagi Anak Sekolah Dasar. JIE (Journal of Islamic Education), 8(1), 1–17. https://doi.org/10.52615/jie.v8i1.255
Indrajatun, D. A. R., & Desstya, A. (2022). Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Certainty of Response Index di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6345–6353. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3244
Juhardi, J., & Amirullah, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Keanekaragaman Biota Perairan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1473
Junianti, C., & Ismail, A. (2024). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SD Pada Materi Bagian Tumbuhan. 10(3), 165–172.
Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314
Nazilah, A., Sulistyawati, I., Pramulia, P., Pendidikan, J., & Sekolah, G. (2022). PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PENDAHULUAN Proses pembelajaran yaitu suatu interaksi yang dilaksanakan siswa berguna untuk mencapai sebuah keberhasilan suatu Dalam hal tersebut siswa akan dibantu oleh pendidik yang berperan sebagai. Https://Doi.Org/10.26740/Eds.V6N2.P161-169, VI(November), 161–169.
Nurdiana, A. S., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Efektivitas Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Kedaleman Iv. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1554. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8395
Riana Aprianti, R. A., Rakhmat, C., & Indihadi, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Tema Organ Gerakan Hewan Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 398–407. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5315
Setyawan, D. A. (2021). Buku Petunjuk Praktikum-Uji Normalitas dan Homogenitas Data dengan SPSS. In PENERBIT TAHTA MEDIA (Grup Penerbitan CV TAHTA MEDIA GROUP) (Issue July). https://www.researchgate.net/publication/350480720
Sihombing, C. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 289–294. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1644
Simatupang, R. T., Voni Sinaga, C., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Media Video Animasi pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 122380 Pematangsiantar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. 4, 5146–5152.
Siregar, L., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran IPS Di SD. Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 2(1), 11–21.
Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2022b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sujana, A., & Jayadinata, A. K. (2018). Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?id=HOOEDwAAQBAJ