The Role of Islamic Education Teachers in Developing Students' Self-Control in Malang High Schools
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lebih mendalam peran guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing dalam membangun self-control siswa agar mampu mengatur, mengarahkan dan juga meninggalkan segala bentuk karakter dan perilaku negatif melalui pengajaran dan juga pelatihan sekolah yang semakin berkembang menuju hal positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan melibatkan kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan juga 6 siswa SMAN 4 Malang sebagai informan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan teknik analisis data menggunakan teknik dari Miles, Huberman dan Saldana dengan langka-langka seperti, kondensasi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun self-control siswa berperan menjadi pembimbing melalaui pengajaran dan pelatihan terprogram dan tidak terprogram. Statement akhir dari hasil penelitian :pengajaran dan juga pelatihan yang dilakukan memberikan peningkatan self-control signifikan seperti pada aspek kontrol perilaku, kontrol kognitif dan kontrol keputusan.