Improving Students' Ability to Read the Qur'an Using the Ummi Method at Muhammadiyah Assalaam Elementary School in Malang
Abstract
Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an bisa efektif jika pembelajarannya menggunakan metode yang tepat. Salah satu metode yang bisa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa ialah metode Ummi karena pembelajaran metode ummi terstruktur dan didukung oleh guru yang sudah tersertifikasi. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan melibatkan Guru Metode Ummi dan 1 Koordinator Metode Ummi dan 3 siswa SD Muhammadiyah serta 3 orang tua SD Assalam Malang sebagai Informan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Menurut Miles dan Huberman teknik analisis data menggunakan 4 langkah yaitu koleksi data, reduksi data menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SD Muhammadiyah 3 Assalam Malang, ditemukan bahwa dalam meningatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menggunakan metode Ummi sangat baik dilihat dari keseluruhan siswa jilid Al-Qur’an kelas 6 tingkat kemampuannya setara, siswa bisa membaca Al-Qur’an sesuai kaidah Ilmu tajwid serta siswa dapat menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dan terdapat sinergesitas antara guru, siswa, dan orang tua yang mendukung pembelajaran metode ummi.