Improving Students' Ability to Read the Qur'an Using the Ummi Method at Muhammadiyah Assalaam Elementary School in Malang

  • Afif Nisa'ul Fitriyah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Hadi Nur Taufiq Universitas Muhammadiyah Malang
  • Muhammad Yusuf Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Kemampuan membaca al-qur'an, Siswa, Metode UMMI

Abstract

Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an bisa efektif jika pembelajarannya menggunakan metode yang tepat. Salah satu metode yang bisa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa ialah metode Ummi karena  pembelajaran metode ummi terstruktur dan didukung oleh guru yang sudah tersertifikasi.  Oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan melibatkan Guru Metode Ummi  dan 1 Koordinator Metode Ummi dan 3 siswa  SD Muhammadiyah serta 3 orang tua SD Assalam Malang  sebagai Informan.  Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi  dan dokumentasi. Menurut Miles dan Huberman  teknik analisis data menggunakan 4 langkah yaitu koleksi data, reduksi data menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SD Muhammadiyah 3 Assalam Malang, ditemukan bahwa  dalam meningatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menggunakan metode Ummi sangat baik dilihat dari keseluruhan siswa jilid Al-Qur’an kelas 6 tingkat kemampuannya setara, siswa bisa membaca Al-Qur’an sesuai kaidah Ilmu tajwid serta siswa dapat menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dan terdapat sinergesitas antara guru, siswa, dan orang tua yang mendukung pembelajaran metode ummi.

Published
2024-07-31