Development of IoT-Based Automation Modules to Improve Learning Outcomes in Electrical Installation at SMK Sidoarjo

  • M. Rio Kudriyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Subur Isnur Haryudo Universitas Negeri Surabaya
  • Fendi Achmad Universitas Negeri Surabaya
  • Yulia Fransisca Universitas Negeri Surabaya
Keywords: modul ajar, hasil belajar, instalasi penerangan listrik

Abstract

Salah satu lembaga pendidikan yang fokus pada pelatihan SDM agar dapat mengikuti perkembangan teknologi saat ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pendidikan kejuruan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik agar siap terjun ke dunia industri dan lapangan kerja dengan kemampuan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan, kepraktisan, dan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan bahan ajar berupa modul ajar sistem otomasi instalasi penerangan listrik berbasis internet of things. Penelitian ini menerapkan desain penelitian Research and Development (R&D). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan lembar soal pretest-posttest. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji ANOVA (Analysis of Variance) dengan berbantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul ajar memiliki tingkat validasi sebesar 85%, ahli materi sebesar 84,1%, dan soal pretest-posttest sebesar 83,3%. Data pada penelitian ini berdistribusi normal (ρ = 0,200). Data pretest-posttest pada penelitian berdistribusi sama/homogen (ρ = 0,997). Terdapat pengaruh terhadap perbedaan perlakuan pada masing-masing variabel (ρ = 0,000). Terdapat perbedaan antar sampel dalam penelitian (ρ = 0,000). Hasil Rating keefektifan modul ajar sebesar 84,4%. ). Hasil Rating kepraktisan modul ajar sebesar 84,4%. Hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan. Penelitian ini menegaskan bahwa pentingnya bahan ajar yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Published
2025-02-28