The Effect of Individual Counseling Services Using Modeling Techniques in Enhancing Students' Self-Confidence
Abstract
Kepercayaan diri sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, dimana jika memasuki usia remaja seseorang remaja akan mulai memasuki tahap dewasa dimana emosi labil dan adanya emosi yang meledak-ledak yang muncul karena adanya pertentangan nilai-nilai sehingga menyebabkan seseorang pada periode remaja ini biasa kehilangan kepercayaan diri. Siswa SMP sering mengalami nya karena itu merupakan masa ia menuju remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh layanan konseling individu dengan teknik modeling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa Sampel yang diambil sebanyak 30 orang menggunakan teknik random sampling, atau pengambilan sampel secara acak, kemudian mengambil 5 ( Lima ) subjek yang akan diberikan layanan, dengan kategori terendah tingkat kepercayaan dirinya dilihat dari hasil pretest yang telah diberikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen dan model one group pretest-posttest. Alat pengumpul data yang digunakan meliputi skala kepercayaan diri dengan model skala likert data dikumpulkan dan diproses dengan teknik statistic non parametric Willcoxon Signed Rank Test dengan SPSS. Pada uji validitas dan reabilitas dari 32 item pernyataan terdapat 28 item pernyataan yang valid Selanjutnya pada uji realibilitas menggunakan bantuan program SPSS diperoleh data Cronbrach Alpha dengan nilai 0,751 yang mana jika nilai Cronbrach Alpha lebih besar dari 0,05 (0,751>0,05). Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi asymp. Sig. (2-tailed) < dari 0,05 yaitu sebesar 0,043, Dengan demikian, disimpulkan bahwa layanan konseling individual dengan teknik Modelling efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan.