The Existence of “Journals” In Supporting the Effectiveness of Guidance and Counseling Implementation in Schools
Abstract
Penelitian ini menjelaskan secara deskriptif mengenai keberadaan “Jurnal” dalam menunjang layanan bimbingan dan konseling di sekolah, dengan mengunakan format yang baik dan benar dapat mendukung layanan bimbingan dan konseling di sekolah, dan di latar belakangi dalam mendukung kesuksesan bimbingan konseling di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektiftas keberadaan “jurnal” dalam penyelenggaraan kegiatan bimbingan dan konseling di Smp Al Ulum. Metode penelitian ini adalah mengunakan metode penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara secara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:(1) Format dan isi “jurnal” yang digunakan di sekolah. (2) Latar belakang penggunaan “jurnal” sebagai laporan layanan BK di sekolah. (3) Keberadaan “jurnal” dalam menunjang efektivitas layanan konseling individual di sekolah.