The Influence of Active Learning Strategies, Artificial Intelligence (AI), and Learning Motivation on Social Studies Learning Activities of MTsN Medan Students
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dari Mei 2024 hingga Juni 2024 di MTsN 1 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menerapkan pendekatan eksperimen. Pendekatan ini memungkinkan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Siswa kelas VII4 dan VII5 MTsN 1 Medan sebagai subjek uji coba. Pengujian dilaksanakan kepada 36 orang VII4 dan 36 orang VII5 MTsN 1 Medan. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan setelah dilakukan strategi active learning tipe true or false disertai artificial intelligence (AI) dan motivasi belajar kepada peserta didik. Dimana sebelumnya sudah dilakukan pre test dan post test melalui uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji t. Uji normalitas data menunjukkan nilai sig Kolmogrov Smirnov > 0,05 yang terbilang normal. Uji homogenitas menunjukkan nilai sig Based on Mean 0,06 > 0,05 yang homogen. Sedangkan dari uji t peserta didik menghasilkan data dengan menunjukkan nilai output pair 1 diperoleh kedua signifikan sebesar <,001 dan nilai itu kurang dari 0,005 pretest kelas Ekesperimen dan post test kelas eksperimen, juga pada pretest kelas Kontrol dan postest kelas kontrol menghasilkan nilai yang sama