KREATIVITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-AZHAR 47 SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kreativitas guru yang sedang berproses untuk menerapkan program literasi sekolah yang dijalankan oleh SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda dengan membiasakan siswa untuk membaca buku sekitar 30 menit setelah pembelajaran berakhir. Program literasi tersebut yaitu buku “aku bisa baca”. Maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengembangkan minat baca siswa di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda dan faktor penghambat dan pendukungnya.Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kreativitas guru yang sedang berproses untuk menerapkan program literasi sekolah yang dijalankan oleh SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda dengan membiasakan siswa untuk membaca buku sekitar 30 menit setelah pembelajaran berakhir. Program literasi tersebut yaitu buku “aku bisa baca”. Maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengembangkan minat baca siswa di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda dan faktor penghambat dan pendukungnya.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, kemudian dianalisis menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas yang dimiliki guru yaitu mengelola kelas dengan baik, memberikan kegiatan positif sebelum membaca, menerapkan program literasi, menyediakan berbagai buku menarik, menggunakan metode, dan media menarik, Memberikan reward kepada siswa, memanfaatkan sumber daya teknologi. Adapun faktor penghambatnya tantangan guru memahami karakter siswa, Keterbatasan waktu di sekolah, kurangnya pengetahuan guru untuk menentukan ide baru, dan terdapat buku yang kurang menarik karena dibaca berulang kali. Faktor pendukung terdapat pelatihan pengembangan untuk guru, terdapat sumber daya teknologi, tersedia buku penunjang membaca pemula, terdapat poster dan kata bergambar menarik, tersedia pojok baca kelas, dan sarana prasarana sekolah yang menunjang.
References
Azizah. Peran Dan Tantangan Guru Dalam Membangun Peradaban Manusia, Global Akses Pres, 2021.
B. Uno, Hamzah, dan Nurdin Mohammad, Belajar Dengan Pendekatan Paikem, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Dalman, Ketrampilan Membaca, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya Jakarta: Lautan Lestari, 2017.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Hernowo, Mengingat Makna: Kiat-kiat Ampuh Untuk Melejitkan Kemauan dan Kemampuan Membaca dan Menulis Buku, Bandung: Penerbit Kaifa, 2002.
Iskandar, Agung. Pendidikan-Pengajaran, Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni, 2010.
Kemendikbud, Kreativitas Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, kemendikbud, 2019.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, “Penumbuhan Budi Pekerti”, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2015, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2018.
Marno dan M. Idris. Strategi Metode dan Teknik Mengajar: Menciptakan Keterampilan Mengajar Secara Efektif dan Edukatif, Ar-Ruzz Media, 2010.
Manispal, Siap Menjadi Guru Dan Pengelola PAUD Professional, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman & Johny Saldana. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3, Terj. Tjetjep Rohindi Rohidi Jakarta: UI Press, 2014.
Momon Sudarma, Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Muh. Syukur Salman, Menjadi Guru Yang Dicintai Siswa, Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Mustofa, Ali & Hanun Asrofah. Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran, Surabaya: Kopertais IV Press, 2010.
Nurani, Yuliani dkk. Memacu Kreativitas Melalui Bermain, Jakarta: Bumi Aksara, 2020.
Rahayu, Rosdiana Dian. Strategi Jitu kreatif, Jakarta: Prenada Media Group, 2022.
Rahmawati, Yeni & Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak, Jakarta: Kencana Prenanda Group, 2011.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Susesnas. tentang Buta Akasara, Survey Sosial Ekonomi Nasional, 2021.
Supardi. Sekolah Efektif, Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada, 2013.
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif , Bandung: Alfabeta, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Utami Munandar, Pengembangan Kreativitas Guru Berbakat, Jakarta: Bineka Cipta, 2009.
Faizin Muhammad Dkk, “Hubungan Kreativitas Guru Dengan Minat Baca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Ypk Alfa Omega Waisai”, Jurnal Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra edisi no.1, Vol.III, 2022.
Rahmawati, F, Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Minat Baca Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2016.
Soejanto Sandjaja. “Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap minat membaca anak ditinjau dari pendekatan stress lingkungan”, Jurnal Psikodimensia Kajian Ilmiah Psikologi edisi no.1, 2021.
Yurni Karim, “Upaya Meningkatkan Minat Baca”, Jurnal Deiksis edisi no.1, Vol VI, 2014.
Aniroh Siti, “Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Melalui Metode Peer Teaching pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Polobogo kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016”, Skripsi, IAIN Salatiga Tahun 2016.
Dwi Nadia, “Kreativitas Guru Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I di SD Negeri 92 Desa Bandu Agung Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur”, Skripsi, IAIN Bengkulu Tahun 2019.
Ilusti, “Kreativitas Guru Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Siswa Kelas III Di SD Negeri 53 Bengkulu Selatan”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu Tahun 2022.
Sulfina Sufya, “Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Minat Membaca Lanjutan Siswa Pada Masa Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah (MI)Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone”, Skripsi, IAIN Bone Tahun 2021
Widya Anjani Widiarti, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca di MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir”, skripsi, IAIN Samarinda Tahun 2020.
Yunda Safitri, “Minat Baca Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu 003 Samarinda”, Skripsi, IAIN Samarinda Tahun 2019.