Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Kelompok B di TK Islam Amanah Samarinda

  • Uri Uri
  • Khairul Saleh
  • Siti Nor Asiah
Keywords: Kemampuan Kognitif, Media, Kartu Angka

Abstract

Rendahnya kemampuan koqnitif anak di kelas Abdul Mutholib Kelompok B di Tk Islam Amanah Samarinda. Sebagian besar dalam mengenal konsep bilangan 1 sampai 20 masih kurang di karnakan anak hanya menghafal dan kurang mengerti konsep bilaangan 1 sampai 20. Dan selain itu penyampaian guru yang kurang bervariasi membuat anak bosan maka perlu cara dilakukan tindakan dengaan menggunakan mediaa kaartu angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan koqnitif anak melalui media kartu angka pada anak kelompok B di Tk Islam Amanah Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus yang berulang,. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu:  perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di Tk Islam Amanah Samarinda yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik penggunaan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan statistik deskripsi . Hasil penelitian pada siklus 1 diperleh aktifitas di kelompok B di Tk Islam Amanah Samarinda. Hasil dari siklus 11 maka target pencapaian tindakan sudah tercapai dengan menggunakan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan 1sampai 20 dikelompok B Tk Isla Amanah Samarinda.

References

Badru Zaman dan Asep Hery Hermawan, Media & Sumber Belajar PAUD, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka, 2015.
Degeng, et.al, Terapan Teori Koqnitif dalam Desain Pembelajaran, Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar Universitas, 1993.
John W. Santrock, Psikologi pendidikan-Educational Psikology, Jakarta: Salemba Humanika, 2012.
Matlin, Margaret W. Kognitif. Edisi Ketiga. Terjemahan oleh Nilawati Tadjuddin Syabri. Bandar Lampung …, 2016.
Margaret W. Matlin, Kognitif (Edisi Ketiga. Terjemahan oleh Nilawati Tadjuddin Syabri. Bandar Lampung …, 2016.
Marshal Mcluhan, dalam Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurtini, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok B PAUD Cahaya Hati Desa Serange Kecamatan Lopok” dalam Jun2012w.blogspot.co.id, Laporan Lengkap PTK.
Otib Satibi Hidayat, Metode Pengembangan Moral & Nilai-Nilai Agama, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka,2014.
Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pos PAUD, Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini, Nonformal Dan Informal Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan,2012.
Surtikanti dalam Siti Sukartini, “ Artikel Publikasi Peningkatan Berhitung Melalui Media Kartu Angka Pada Anak TK Pertiwi I Kedongrejo, Tunjungan Blora” dalam eprints.ums.ac.id>...pdf, diakses tanggal 27 Februari 20017.
Suyadi, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Cet.XI, Jogjakarta: DIVAPRESS, 2013.
Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, Jakarta; kencana Prenada Media Group, 2011.
Yuliani Nurani Sujoiono,et,el, Metode Pengembangan Koqnitif, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014.
Zainal Akib, Penelitian Tindakan Kelas, Cet.III, Bandung: CV.Yrama Widya, 2011.
Published
2021-09-02