Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring di Madrasah Ibtidaiyah DDI Tani Aman Loa Janan Ilir

  • Muhammad Yamin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rafiqah Alina UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Internalisasi, Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Guru Bahasa Arab mempunyai tantangan dan peran dalam Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Bahasa Arab secara daring melalui media  sosial  dan dengan cara menanamkan sikap  yang  amat  sangat  penting  yaitu  nilai  iman  dan  Islam  seperti. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui internalisasi nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab serta tantangannya secara daring pada Kelas VI MADRASAH IBTIDAIYAH DDI Tani Aman. Penelitian  ini  mengunakan  penelitian  deskriptif  kualitatif.  Sumber  data dalam penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab, Siswa Kelas VI MI-DDI Tani Aman, dan Orang tua Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisa data yang digunakan   adalah model Miles,Huberman dan Saldana, dengan tiga cara, yaitu Reduksi data/data reduction, Penyajian data/ data display, dan Veritifikasi/veritication. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Internalisasi nilai-nilai Karakter dalam pembelajaran Bahasa Arab Secara daring  Di  kelas  VI  MI-DDI  Tani  Aman,  dapat  dilihat  dari penanaman  nilai karakter sembilan indikator, yaitu Karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, Kemandirian dan tanggung  jawab,  Kejujuran/amanah,  diplomatis,  Hormat  dan santun, Dermawan, suka tolong menolong dan gotong royong/kerjasama, Percaya diri  dan  pekerja  keras,  Kepemimpinan  dan  keadilan,  Baik  dan  rendah  hati, Karakter toleransi, kedamaian, dan kesatuan. Kekurangannya ada pada Metode, silabus, rpp, dan jaringan pada saat online, seperti pengetahuan tentang teknologi yang ada / sedikit kurang mengerti, kurangnya interaksi antara guru dan siswa sehingga  kurangnya  keseriusan  anak-anak  dala  belajar,  kemalasan  dalam  diri siswa dan guru jarang masuk dan kelebihannya bahwa semangat dan kerja keras para  guru  dan  siswa  sangat  baik,  banyak  orang  tua  yang  mendukung  atau memandu  anaknya  untuk  belajar  terkhusus  pelajaran  bahasa  Arab,  partisipasi orang tua dalam  membimbing  dan  menasehati anak  di rumah sehingga dapat menciptakan karakter yang positif bagi anak, sebagai orang tua sangat membantu pembentukan karakter anak saya, hapalan dan adanya kelompok membuat kita bekerja sama.

References

Ahmad Muhammad Syakir dan Mahmud Muhammad Syakir, Ahmad Abdur Raziq, dkk (Tahqiq), Tafsir
Hidayat, Ahmad Fadhel Syakir, and Faradilla Zulvanni Anggraini. “العلاقة بين القدرة على قراءة القرآن بالقدرة على مهارة القراءة.” Shaut Al Arabiyyah 9, no. 1 (n.d.): 78–87.
Khan, Yahya. “Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri.” Yogyakarta: Pelangi Publishing 19 (2010): 25.
Kurniawan, Syamsul. “Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya Secara Terpadu Dilingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi,” 2018.
———. “Pendidikan Karakter Dalam Islam Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq Al-Karimah.” Tadrib 3, no. 2 (2017): 197–216.
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam, 2009.
Majid, Abdul, Anang Solihin Wardan, and Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Miles, Matthew B, and A Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. sage, 1994.
Nasirudin, Cerdas Ala Rasulullah. “Metode Rasulullah Mencetak Anak Ber-IQ Tinggi.” Jogyakarta: A+ Plus Book, 2009.
Nisa, Ummu Khairin, Ahmad Fadhel Syakir Hidayat, Siti Kholifah Tunaimah, Nela Putri Yulianti, Muhammad Yoga Ananta Firdaus Firdaus, and Edy Rizki Mulyono. “Implementasi Metode Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda,” n.d.
Sani, Ridwan Abdullah, and Muhammad Kadri. Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Bumi Aksara, 2016.
Syahbini, A. “Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak Menurut Perspektif Islam.” Jakarta: PT Gramedia, 2014.
Published
2022-10-28
How to Cite
Yamin, M., & Alina, R. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring di Madrasah Ibtidaiyah DDI Tani Aman Loa Janan Ilir. Borneo Journal of Primary Education, 2(3), 185-197. https://doi.org/10.21093/bjpe.v2i3.6400