Mengembangkan Pembelajaran Dengan Media Youtube Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA

  • Muhammad Yamin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Lucky Purnama Sultan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Miftahul Hidayah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mochammad Rizky Syaputra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Kautsar Eka Wardhana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Covid-19, pendidikan, pembelajaran jarak jauh, komunikasi online, YouTube, materi pembelajaran, karakteristik siswa, platform media, pendidikan berkualitas.

Abstract

Virus Covid-19 menjadi awal dari perubahan wajah bangsa dunia, salah satu bidang yang terkena dampaknya adalah bidang pendidikan. Pemerintah melalui Kemendikbud memberikan kebijakan baru berupa pembelajaran jarak jauh. Siswa melaksanakan pembelajaran dari rumah namun tetap dalam pengawasan guru. Komunikasi online menjadi salah satu kunci agar program pendidikan tetap berjalan dengan baik. Oleh karena itu, hal ini menjadi permasalahan baru dimana guru dituntut untuk menyediakan materi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa. Saat ini banyak sekali platform media online yang dapat digunakan dalam pembelajaran, salah satunya adalah YouTube. YouTube adalah media sosial atau situs web berbagi video yang mana dalam pengelompokan video terdapat beberapa kategori seperti hiburan, olahraga, pendidikan, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan aplikasi YouTube ini sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Published
2023-04-15
How to Cite
Yamin, M., Sultan, L., Hidayah, M., Syaputra, M., & Wardhana, K. (2023). Mengembangkan Pembelajaran Dengan Media Youtube Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(2), 161-172. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i2.6445

Most read articles by the same author(s)